Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Purba Dijuluki Ikan Penghisap Darah Ini Muncul Lagi di Australia

Kompas.com - 08/11/2021, 18:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Seekor hewan purba mirip belut yang dijuluki ikan penghisap darah dengan wujud mengerikan dan deretan gigi yang berputar-putar terlihat kembali di Australia, setelah perburuan selama 20 tahun.

Hewan tersebut ditemukan pemandu wisata bernama Sean Blocksidge. Ia menemukan enam lamprey yang dijuluki dinosaurus hidup setelah dua dekade terakhir mencari.

Dilansir dari New York Post, Kamis (28/10/2021) makhluk aneh tanpa rahang ini berevolusi jutaan tahun yang lalu ini dikenal dengan nama ikan lamprey.

Mereka memiliki tubuh memanjang tanpa sisik serta mulut yang diketahui sebagai pengisap.

Hewan purba yang mirip belut itu memiliki kemampuan menghisap darah mangsanya, membuat mereka mendapat julukan lain, yakni ikan vampir.

Sebelumnya, Blocksidge telah mendengar legenda lokal di Margaret River di Australia, tentang lamprey yang sulit ditangkap. Ikan lamprey biasa bermigrasi ke air terjun lokal, tetapi mereka tidak terlihat dalam 10 tahun terakhir.

Baca juga: Fosil Ikan Purba Ungkap Asal Muasal Jari Tangan Manusia

 

Blocksidge mengungkapkan, bahwa dia tidak percaya jika ia seberuntung ini ketika dia melihat setengah lusin ikan penghisap darah, si hewan purba yang legendaris tersebut.

“(Penemuan) itu adalah semacam momen nyata. Saya telah mendengar begitu banyak cerita dari orang-orang tua tentang bagaimana lamprey biasa bermigrasi dalam jumlah ribuan ke atas air terjun," ujarnya.

Lebih lanjut, Blocksidge berkata, bahwa lebih dari satu dekade warga sekitar belum pernah melihat lamprey di Margaret River.

“Saya keluar di sungai setiap hari untuk tur dengan kano dan selalu berharap untuk menemukannya, tetapi ini adalah hari keberuntungan saya. Saya sedikit bersemangat, dan juga senang mengetahui lamprey masih di sini,” tambah Blocksidge.

Pria asal Australia itu menceritakan bagaimana dia menemukan ikan lamprey langka di air terjun Yalgardup. Saat sedang tur, dia mengamati air dan melihat hewan purba penghisap darah itu tampak seperti tabung biru panjang.

Baca juga: Apa Kabar Ikan Raja Laut, Hewan Purba di Laut Sulawesi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com