Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneh Sekaligus Ngeri, Lidah Ikan Ini Digantikan Parasit Krustasea

Kompas.com - 07/11/2021, 17:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Alam memiliki segudang peristiwa menakjubkan, termasuk hal mengerikan sekaligus aneh.

Hal ini seperti yang dilihat petugas margasatwa di Texas, di mana mereka menemukan seekor ikan yang lidahnya tidak ada tapi digantikan parasit krustasea yang dikenal sebagai isopoda.

Isopoda tidak berbahaya bagi manusia dan biasanya tidak mematikan bagi inangnya, tetapi cara hidup mereka yang unik adalah contoh lain dari teror yang diciptakan melalui evolusi.

Dilansir dari Gizmodo, Rabu (27/10/2021), isopoda adalah garis keturunan purba krustasea, diperkirakan berusia setidaknya 300 juta tahun.

Baca juga: Mengenal Hiu Aneh Berwajah Babi yang Langka dan Terancam Punah

Nama mereka berasal dari bahasa Yunani, "pod" berarti kaki dan "iso" yang berarti sama, mengacu pada tujuh pasang anggota badan yang serasi.

Diperkirakan ada 10.000 lebih spesies isopoda, tetapi tidak seperti kebanyakan krustasea lainnya, banyak isopoda telah menjadi penghuni darat.

Isopoda yang mungkin dikenal kebanyakan orang adalah kutu kayu, juga disebut kutu pil atau kutu roly poly. Tentu saja, isopoda jenis ini bukan benar-benar kutu.

Kutu kayu dan banyak isopoda lainnya adalah komposer alam, memakan materi yang membusuk di sekitar mereka. Ada juga yang mencari makan dengan menyaring air untuk plankton kecil dan beberapa lainnya adalah predator.

Namun, isopoda yang paling terkenal adalah parasit ikan, termasuk pencuri lidah yang didokumentasikan petugas margasatwa Texas Parks and Wildlife di Galveston Island State Park bulan Oktober lalu.

Dalam postingan akun taman margasatwa di Facebook, mereka merinci temuan parasit di mulut ikan croaker Atlantik, yang dijuluki mereka sebagai "Mars."

Spesies isopoda ini dikenal sebagai kutu pemakan lidah (Cymothoa exigua).

Saat muda, isopoda jantan C. exigua akan menempel pada insang ikan. Kemudian saat tumbuh dewasa, ia bermigrasi ke lidah dan mengubah jenis kelaminnya menjadi betina.

Pada saat yang sama, isopoda menggunakan cakar depannya untuk mengiris dan memakan lidah ikan. Kemudian ia menyelinap masuk dan menempelkan dirinya ke tempat lidah berada dan mengambil alih area itu.

Untuk menambahkan satu faktor merayap lagi, sementara ini semua terjadi, C. exigua jantan remaja lain yang melekat pada ikan akan kawin dengan betina dewasa.

Dan begitu telur dibuahi dan anak-anaknya dikirim ke air, siklus hidup yang mengerikan dimulai lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com