Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Katak Wolverine, Mampu Patahkan Tulang untuk Membuat Cakar

Kompas.com - 28/01/2023, 19:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak spesies katak yang hidup di Bumi ini. Namun ada satu yang menarik yaitu katak Wolverine (Trichobatrachus robustus).

Dinamakan seperti itu karena ternyata katak Wolverine tersebut mampu menumbuhkan cakar untuk melukai siapa pun yang mengancamnya. Cakar ganas itu pertama kali diidentifikasi sekitar tahun 1900.

Cakar pada amfibi adalah hal yang langka karena mereka tidak memiliki lapisan keratin seperti mamalia. Sehingga cakar yang ditemukan pada katak Wolverine menjadi hal yang menarik.

Apalagi cakar tersebut juga bersifat sementara, bisa keluar dan masuk dari kulit jari. Tidak diketahui secara pasti mengapa katak mampu melakukannya.

Akan mtetapi, ada hal yang paling menarik atau mungkin juga mengerikan, yakni tentang bagaimana proses katak untuk menghasilkan cakar tersebut.

Baca juga: Mengenal Penguin Kaisar, Koloni Penguin Penghuni Antartika Barat

Dikutip dari IFL Science, Jumat (27/1/2023) katak wolverine diketahui secara aktif mematahkan tulang jari kakinya sendiri yang kemudian menusuk kulitnya, sehingga menghasilkan cakar.

Peneliti yang bekerja dengan katak wolverine kemudian mengamati bagaimana mereka menggunakan cakar saat dipegang dan menemukan katak sangat brutal dalam memakainya.

Hal tersebut kemudian membuat peneliti berkesimpulan bahwa cakar spesies katak aneh ini digunakan untuk pertahanan.

Katak wolverine atau katak berbulu mampu menumbuhkan cakar untuk melukai predator.Emoke Denes, CC BY-SA 4.0 via WIKIMEDIA COMMONS Katak wolverine atau katak berbulu mampu menumbuhkan cakar untuk melukai predator.

Baca juga: Mengenal Ular King Cobra, Ular Berbisa Terpanjang di Dunia

 

Cakar katak wolverine ini dapat menimbulkan luka berdarah yang dalam pada orang yang memegangnya.

Klaim ini diverifikasi oleh warga Kamerun yang memburu katak Wolverine untuk dimakan dengan menggunakan tombak panjang yang berat atau parang sehingga mereka dapat membunuh katak tanpa memegang dan disakiti.

Oleh karena itu mereka tampaknya melakukan fungsi yang sama seperti halnya cakar mamalia.

Katak wolverine ini juga dikenal sebagai katak berbulu karena filamen berdaging aneh yang dikembangkan oleh katak jantan selama musim kawin.

Jadi meski disebut berbulu namun itu tidak seperti yang dibayangkan melainkan untaian daging panjang yang mengandung pembuluh darah yang memungkinkan mereka mengambil lebih banyak oksigen melalui kulit.

Lebih lanjut, dengan kemampuan mereka untuk munumbuhkan cakar itu akhirnya membuat katak juga mampu untuk meregenerasi bagian tubuhnya.

Namun tak cukup itu saja, katak wolverine ternyata juga mampu mengeluarkan racun melalui kulit mereka. Sungguh katak yang berbahaya.

Baca juga: Mengenal Ikan Pari, Ikan Unik yang Ada di Seluruh Perairan Bumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com