Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ikan Pari, Ikan Unik yang Ada di Seluruh Perairan Bumi

Kompas.com - 05/09/2022, 19:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber kkp.go.id


KOMPAS.com - Siapa yang tidak tahu ikan pari. Spesies ikan yang ada di berbagai perairan di Bumi ini punya ciri tubuh yang unik dari kebanyakan jenis ikan pada umumnya.

Ikan pari ternyata memiliki kekayaan ragam jenis dan spesies, tak terkecuali di Indonesia yang merupakan negara perairan. Keanekaragaman spesies ikan pari itu pun dapat dijumpai di negeri ini.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Senin (5/9/2022), ikan pari atau rays (dalam bahasa Inggris), dikenal juga dengan nama 'peh', termasuk dalam ikan yang bertulang rawan dan grup Cartilaginous.

Keanekaragaman ikan pari sangat beragam, yang mana ikan ini ada dalam 13 famili dan 560 jenis.

Bentuk tubuh ikan pari umumnya bertubuh gepeng melebar, dengan sepasang sirip dada yang melebar dan menyatu dengan sisi kiri dan kanan kepalanya. Sehingga, saat berenang dan terlihat dari bawah, bagian tubuh bawahnya akan tampak terlihat bundar atau oval.

Baca juga: Ikan Pari Manta Hampir Punah, Ini Pentingnya Peran Stasiun Pari Manta di Raja Ampat

Ikan pari umumnya memiliki ekor yang memanjang menyerupai cemeti. Namun, pada beberapa jenis ikan pari, ada spesies yang memiliki ekor dilengkapi dengan duri penyengat yang disebut 'sting-rays'.

Keunikan dari ikan pari adalah memiliki mata yang umumnya terletak di bagian samping. Sedangkan posisi dan mulutnya berbentuk terminal mouth, serta merupakan jenis ikan predator.

Ikan pari bernapas melalui celah insang (gill opening atau gill slits) berjumlah 5-6 pasang. Posisi celah insang adalah berada di dekat mulut di bagian bawah (ventral).

Uniknya pada ikan pari jantan dilengkapi dengan sepasang alat kelamin disebut 'clasper', yang berada di pangkal ekor.

Baca juga: Ikan Pari Raksasa Seberat 300 Kg, Ikan Terbesar di Dunia Ditemukan di Kamboja

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com