Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2023, 12:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Daging sapi dan kambing atau domba menjadi sajian istimewa di perayaan Hari Raya Idul Adha. Baik daging sapi mau pun daging kambing, masing-masing mengandung nutrisi yang sehat dan diperlukan tubuh.

Biasanya, daging kurban, baik daging sapi mau pun kambing, akan diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mulai dari sajian sate kambing atau daging sapi diolah menjadi masakan rendang khas Padang.

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, dikutip Rabu (28/6/2023), daging adalah sumber protein, vitamin dan mineral yang baik untuk makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Daging sapi vs daging kambing

Beberapa daging mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang tentunya akan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah jika kita terlalu banyak mengonsumsinya.

Lantas, antara daging sapi dan daging kambing, mana yang lebih sehat?

Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah, yakni istilah yang digunakan pada daging yang berasal dari hewan mamalia, yang mengandung zat besi dalam jumlah lebih tinggi daripada daging ayam atau ikan, dikutip dari Healthline.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Ikan atau Daging?

Saat Hari Raya Kurban, daging sapi sering diolah atau dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, digiling atau dicincang. Kandungan daging sapi segar tanpa lemak, kaya akan berbagai vitamin dan mineral sehat untuk tubuh, terutama zat besi dan zinc.

Oleh karenanya, asupan daging sapi dalam jumlah sedang sangat direkomendasikan sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

Sedangkan daging kambing atau domba, juga sama-sama termasuk dalam daging merah.

Daging kambing dianggap sebagai salah satu daging merah yang lebih sehat dibandingkan daging sapi. Sebab, daging kambing lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta mengandung zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging merah atau daging putih lainnya.

Nutrisi sehat daging sapi dan kambing

Nutrisi pada daging sapi terutama terdiri dari protein dan lemak dalam jumlah yang bervariasi.

Dalam satu porsi daging sapi giling seberat 100 gram dan dimasak dengan cara dipanggang dengan kandungan 10 persen lemak, mengandung nutrisi di antaranya sebagai berikut.

  • Kalori: 217
  • Air: 61
  • Protein: 26,1 gram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Gula: 0 gram
  • Serat: 0 gram
  • Lemak: 11,8 gram

Kandungan lemak pada daging sapi juga memiliki jumlah yang bervariasi. Jumlah lemak daging sapi tergantung pada tingkat pemotongan dan usia hewan, serta jenis sapi, jenis kelamin dan pakannya.

Baca juga: Lebih Sehat Mana, Dada Ayam atau Paha Ayam?

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com