Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2023, 18:08 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Ikan dan daging sama-sama mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, mana yang lebih sehat antara ikan dan daging?

Ikan yang biasa dikonsumsi dapat berasal dari ikan air tawar maupun laut. Sedangkan daging, juga dapat berasal dari daging sapi, babi, atau unggas seperti ayam dan bebek. Sementara itu, jenis daging yang banyak dikonsumsi adalah daging merah.

Dilansir dari Healthline, Senin (13/3/2023), baik ikan maupun daging, memiliki profil nutrisi dan potensi manfaat kesehatan yang sangat berbeda.

Pada daging merah, misalnya, jenis makanan ini memiliki lemak jenuh yang tinggi, vitamin B12, zat besi, niasin dan seng. Sedangkan ikan adalah sumber asam lemak omega-3, vitamin D, tiamin, selenium dan yodium.

Nutrisi ikan dan daging

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrients, makan ikan memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat makan ikan, berdasarkan studi yang dilakukan, dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

Konsumsi ikan dapat membantu menurunkan lemak perut dan kadar trigliserida yang bermanfaat dalam mengurangi potensi penyakit jantung. Selain itu, dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yakni kolesterol baik.

Berikut ini perbandingan nutrisi ikan dan daging yang perlu diketahui.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Ayam atau Ikan?

  • Kandungan protein ikan dan daging

Ikan dan daging sapi adalah makanan sumber protein lengkap yang sangat baik. Artinya, kedua jenis makanan ini mengandung semua asam amino esensial, dilansir dari Live Strong.

Sebab, protein tersusun atas asam amino, yang dapat menguatkan jaringan penyangga utama tubuh, yakni otot dan kulit.

Total ada 20 jenis asam amino, dan 10 asam amino di antaranya diperoleh dari sumber makanan, yang tersusun atas molekul protein kompleks, yang mana ada dalam makanan seperti ikan dan daging.

Misalnya dalam seporsi daging dengan berat 170 gram, mengandung 38 gram protein, sedangkan dalam seporsi ikan salmon dengan berat yang sama, mengandung sedikitnya 34 gram protein.

Oleh karenanya, setidaknya kita membutuhkan sekitar 60 gram protein setiap hari untuk membantu pembentukan jaringan otot dan kulit, serta perbaikan.

  • Kandungan lemak ikan dan daging

Dibandingkan daging sapi, kandungan lemak pada ikan jauh lebih baik. Daging merah mengandung lebih banyak lemak daripada ikan, namun lemak yang terkandung sebagian besar adalah lemak jenuh.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Minum Air Mineral atau Rebusan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com