Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2023, 16:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Telur adalah makanan populer yang dikonsumsi sejak jutaan tahun yang lalu oleh manusia. Di antaranya seperti telur ayam, bebek, kalkun, dan angsa.

Berbagai bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa telur adalah sumber protein bergizi dan kaya nutrisi yang sehat untuk dikonsumsi.

Dibandingkan jenis telur lainnya, telur ayam adalah yang paling banyak dikonsumsi, serta telur bebek yang cukup populer di antara masyarakat Asia.

Lantas, lebih sehat mana untuk dikonsumsi, apakah telur ayam atau bebek?

Sebelumnya, kita perlu melihat profil nutrisi antara telur ayam dan telur bebek. Sebab, kedua telur ini memiliki nilai gizi yang berbeda, seperti dilansir dari Healthline, Senin (3/4/2023).

Nutrisi telur ayam dan bebek

Jika dibandingkan dengan produk hewani lainnya, telur adalah sumber nutrisi yang rendah karbohidrat dan serat, namun kaya akan protein dan sumber lemak yang baik dan sehat.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Putih Telur atau Kuning Telur?

Selain itu, baik telur ayam maupun bebek, mengandung vitamin dan mineral, seperti kolin, riboflavin, selenium, vitamin A dan vitamin B12.

Kendati kedua jenis telur ini kaya gizi, namun telur bebek cenderung mengandung lebih banyak nutrisi daripada telur ayam, termasuk folat, zat besi dan vitamin B12.

Telur bebek mengandung 168 persen vitamin B12 atau lebih dari kebutuhan harian. Manfaat vitamin B12 sangat penting bagi tubuh, di antaranya membangun DNA dan sel darah merah baru.

Sementara, putih telur ayam cenderung mengandung lebih banyak protein dibandingkan telur bebek. Protein yang terkandung dalam putih telur ayam di antaranya seperti ovalbumin, conalbumin dan lisozim.

Dalam berbagai studi menunjukkan protein dalam telur ayam ini memiliki sifat seperti antimikroba, antioksidan dan penghambat kanker.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Ayam atau Ikan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com