Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Sampah Plastik yang Ada di Lautan?

Kompas.com - 01/04/2023, 10:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim peneliti internasional yang dipimpin oleh 5 Gyres Institute di Los Angeles menemukan hal mencengangkan terkait banyaknya sampah plastik di lautan.

Berdasarkan pengamatan hampir 12.000 kumpulan data tentang polusi plastik di seluruh dunia, mereka mendapati bahwa sekarang ada lebih dari 171 triliun keping plastik yang mengambang di lautan dunia.

Sementara secara total, mereka memperkirakan berat semua plastik di lautan tersebut adalah sekitar 2 juta ton.

Hasil studi baru ini pun menjadi tanda bahwa masih banyak pekerjaan rumah untuk mengatasi permasalah sampah plastik.

Peningkatan penggunaan plastik

Dikutip dari IFL Science, Jumat (31/3/2023) saat melihat tren sampah plastik di lautan dari tahun 1979 hingga 2019, para peneliti melihat adanya peningkatan besar-besaran yang muncul dari tahun 2005 dan seterusnya.

Baca juga: Berapa Banyak Manusia yang Bisa Tinggal di Bumi?

Peneliti memperkirakan jumlah sampah plastik yang memasuki lingkungan perairan dapat meningkat 2,6 kali lipat dari 2016 hingga 2040. Jika tren tersebut terus berlanjut, itu akan berpotensi menjadi hal yang lebih buruk.

"Pembersihan menjadi sia-sia jika kita terus memproduksi plastik dengan kecepatan saat ini. Kita sudah terlalu lama mendengar tentang daur ulang namun industri plastik menolak komitmen apa pun untuk membeli bahan daur ulang atau desain untuk dapat di daur ulang. Sudah waktunya untuk mengatasi masalah plastik dari sumbernya," kata Marcus Eriksen, penulis studi utama dan salah satu pendiri 5 Gyres Institute.

Dalam pernyataannya, peningkatan mikroplastik secara eksponensial di seluruh lautan dunia adalah peringatan keras supaya kita bertindak dalam skala global. Itu juga termasuk berhenti untuk hanya fokus pada pembersihan dan daur ulang.

Dampak sampah plastik

Beberapa tahun terakhir makin banyak penelitian yang menyoroti bagaimana polusi dari sampah plastik berdampak pada lingkungan laut dan susunan kehidupan yang mereka miliki.

Baca juga: Berapa Banyak Jumlah Lubang Hitam di Alam Semesta?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com