Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG 9-10 Agustus 2022 akibat Bibit Siklon Tropis 97W

Kompas.com - 09/08/2022, 09:30 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem selama dua hari ke depan, 9-10 Agustus 2022.

Potensi cuaca ekstrem ini sebagai dampak dari terdeteksinya bibit siklon tropis 97W, yang dapat berpengaruh terhadap kondisi cuaca di Indonesia

Berdasarkan analisis BMKG, bibit siklon tropis 97W terpantau di Laut China Selatan sebelah barat Filipina, tepatnya di sekitar 14.0 LU 112.6 BT dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1003.7 mb.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menyebutkan, sistem ini pergerakannya ke arah Barat–Barat Laut dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berkategori sedang.

Menurut dia, bibit siklon tropis tersebut menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) di Laut China Selatan.

Adapun sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Pasifik utara Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi), yang memanjang di Samudra Pasifik utara Halmahera hingga utara Papua Barat.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 3-4 Agustus 2022, Ini Daftar Wilayahnya

Berdasarkan analisis peringatan dini cuaca ekstrem BMKG menunjukkan sirkulasi siklonik lain yang juga terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi dari Papua hingga Papua Barat.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, dan Maluku.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis, low level jet dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/8/2022).

Dengan demikian, sejumlah wilayah di Indonesia perlu waspada cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada 9-10 Agustus 2022.

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG untuk sejumlah wilayah yang harus mewaspadai potensi cuaca ekstrem dua hari ke depan, dari 9 Agustus hingga 10 Agustus 2022.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 2 Hari ke Depan akibat Siklon Tropis 95S

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com