Kompas.com - 09/08/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Terjadinya tren peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada anak sekolah, yang kemudian menularkan kepada keluarganya di rumah, menimbulkan pertanyaan, apa yang menjadi faktor pemicunya?

Epidemiolog dari Universitas Airlangga, Dr Windhu Purnomo mengatakan, sebenarnya saat ini transmisi Covid-19 memang masih bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan pada siapa saja.

Hal ini dikarenakan, virus SARS-COV-2 penyebab Covid-19 sampai saat ini masih ada di sekitar kita dan belum tereliminasi.

Baca juga: CDC Sebut Long Covid-19 pada Anak dan Remaja Berisiko Menyebabkan Kondisi Fatal

Adapun meningkatnya tren kasus infeksi positif pada anak-anak memang bisa terjadi karena beberapa faktor sebagai berikut.

1. Munculnya varian atau subvarian baru

Munculnya varian atau subvarian baru merupakan faktor pertama yang mungkin menyebabkan terjadinya peningkatan kasus infeksi positif Covid-19.

"Dari pengalaman di dunia dan di Indonesia, setiap muncul varian atau subvarian baru akan diikuti dengan peningkatan tingkat penularan yang tentu saja akan meningkatkan kasus," kata Windhu kepada Kompas.com, Senin (8/9/2022).

Ia menambahkan, sejak 1 Januari 2022 saja, setiap muncul subvarian baru dari Omicron selalu meningkatkan bilangan reproduksi (RT) di Indonesia yang merupakan indikator tingkat transmisi.

2. Meningkatnya mobilitas

Faktor peningkatan tren kasus positif pada anak-anak berikutnya, bisa terjadi karena meningkatnya mobilitas dan aktivitas masyarakat di area publik, termasuk sekolah.

"Pada dasarnya bila terdapat peningkatan aktivitas di ruang publik, termasuk PTM (Pertemuan Tatap Muka) di sekolah, tentu bisa diperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan penularan," ujarnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi PTM dari IDAI Sebelum Anak Kembali Sekolah untuk Cegah Situasi Covid-19 Memburuk

3. Minimnya vaksinasi 

Berbagai isu di masyarakat menyebutkan, peningkatan kasus infeksi Covid-19 pada anak-anak ini juga mungkin dikarenakan vaksinasi yang belum lengkap didapatkan oleh anak-anak.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.