[POPULER SAINS] Isolasi Mandiri Cacar Monyet | Bayi 6 Bulan Meninggal Usai Diajak Naik Motor | Relief Candi Jago Ungkap Gambaran Siksa Neraka

Kompas.com - 09/08/2022, 07:02 WIB


KOMPAS.com - Kasus cacar monyet terus meningkat masih menjadi berita paling banyak di baca di jajaran artikel populer Sains sepanjang Senin (8/8/2022).

Tingginya kasus cacar monyet atau monkeypox ini menyebabkan banyak orang diimbau untuk mewaspadai berbagai gejala yang bisa saja dialami.

Setidaknya, dengan mewaspadai gejala cacar monyet, masyarakat dapat segera melakukan isolasi mandiri dan menghubungi petugas kesehatan untuk dapat segera mendapat perawatan.

Kasus bayi 6 bulan meninggal dunia usai diajak motor orang tuanya menuai berbagai reaksi. Dokter pun angkat bicara tentang penyebab meninggalnya bayi tersebut.

Dua kasus strain A.2 cacar monyet dilaporkan ditemukan di India. Temuan itu berdasarkan pada analisis terhadap dua kasus cacar monyet pertama di India oleh Indian Council of Medical Research (ICMR) dan National Institute of Virology (NIV).

Kedua kasus baru kembali dari Uni Emirat Arab (UEA) terinfeksi jenis virus A.2.

Studi menarik menguak tentang kisah pada relief Candi Jago, situs purbakala yang berada di Malang, Jawa Timur. Menariknya, relief Candi Jago tersebut mengisahkan gambaran siksa neraka atau kehidupan setelah kematian.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Senin (8/8/2022) hingga Selasa (9/8/2022).

Isolasi mandiri akibat cacar monyet

Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), saat terinfeksi penyakit cacar monyet dan harus menjalani perawatan secara mandiri, berarti penderitanya tetap tinggal bersama keluarga.

Untuk melindungi orang yang tinggal bersama jika melakukan isolasi mandiri di rumah akibat monkeypox, maka perlu digarisbawahi bahwa virus cacar monyet menular sampai semua luka berkeropeng, rontok, dan lapisan kulit baru terbentuk di bawahnya.

Dalam hal melakukan isolasi mandiri saat terpapar cacar monyet, Anda disarankan melakukan beberapa hal.

Seperti mengisolasi diri di ruangan terpisah, menggunakan kamar mandi terpisah, dan bersihkan atau desinfeksi setelah memakainya hingga membersihkan tangan secara berkala menggunakan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer.

Saat melakukan isolasi mandiri cacar monyet, pasien juga sebaiknya menggunakan alat makan dan minum, handuk, dan alat elektronik secara terpisah.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.