Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Nyeri Carpal Tunnel Syndrome Tanpa Operasi

Kompas.com - 22/12/2020, 10:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis


KOMPAS.com - Apakah ibu jari tangan Anda terasa lemas, mati rasa, atau kesemutan - tanpa alasan yang jelas? Jika ya bisa jadi itu merupakan gejala carpal tunnel syndrome (CTS).

Dokter spesialis reumatologi Scott Burg, DO, mengatakan jika gejala-gejala tersebut terasa pada ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, seringkali itu merupakan tanda awal carpal tunnel syndrome.

“Tentu saja tidak semua nyeri tangan merupakan carpal tunnel syndrome,” kata Dr. Burg.

“Ini adalah masalah saraf yang sangat spesifik dengan tanda-tanda yang jelas. Ketika carpal tunnel syndrome menyerang, jalur di pergelangan tangan, menjadi terlalu padat karena peradangan atau kompresi, sehingga akan ada tekanan pada saraf median Anda” imbuhnya.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Alasan Kuku Tangan Lebih Mudah Panjang

Senada dengan Burg, ahli bedah tangan, pergelangan tangan, siku dan bahu, dr. William Seitz, MD mengatakan, carpal tunnel syndrome adalah kondisi umum yang memengaruhi tangan dan pergelangan tangan.

“Gejalanya termasuk mati rasa, kesemutan dan nyeri, biasanya di ibu jari dan tiga jari pertama tangan Anda,” kata Dr. Seitz.

Carpal tunnel syndrome terjadi ketika saraf median, yang membentang dari lengan bawah ke tangan Anda melalui ruang sempit yang disebut carpal tunnel atau terowongan karpal, tertekan atau terjepit.

Ada beberapa kondisi yang membuat terowongan karpal lebih kecil - dan menekan saraf median – yang kemudian dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome. Berikut di antaranya:

- Kondisi medis seperti hipotiroidisme, rheumatoid arthritis, dan diabetes.

- Gerakan tangan yang berulang, terutama jika pergelangan tangan ditekuk sehingga tangan Anda lebih rendah dari pergelangan tangan Anda.

- Kehamilan.

Baca juga: 10 Cara Mencegah Kulit Iritasi Akibat Sering Mencuci Tangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com