Kompas.com - 15/10/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan. SHUTTERSTOCK/MARIDAVIlustrasi cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan.

Ilustrasi mencuci tanganhxdbzxy Ilustrasi mencuci tangan

KOMPAS.comHari Cuci Tangan Sedunia tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sebab saat ini kita berada di tengah pandemi Covid-19, yang telah mengubah seluruh kebiasaan hidup kita.

Penyakit Covid-19 pada dasarnya menyebar melalui droplet atau tetesan pernapasan, tetapi juga dapat menyebar melalui kontak dengan permukaan atau benda yang terkontaminasi.

Sehingga, salah satu protokol kesehatan yang harus diterapkan untuk mencegah penyebaran virus corona adalah sering mencuci tangan. Masalahnya, terlalu sering mencuci tangan bisa berisiko menyebabkan eksim. 

Baca juga: Cegah Virus Corona, Begini Cara Mencuci Tangan yang Benar

Apalagi, terlalu sering menggunakan produk kebersihan, terutama sabun dan deterjen kuat lainnya, dapat dikaitkan dengan dermatitis kontak iritan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Wiley Online Library, (27/4/2020), bahkan hal itu bisa mengakibatkan komplikasi Staphylococcus aureus, yang resisten terhadap metisilin, terutama di tempat kerja kritis seperti unit perawatan intensif, perawatan darurat, dan bangsal isolasi selama epidemi berlangsung.

Ada sepuluh cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dermatitis kontak iritan pada tangan, akibat seringnya mencuci tangan selama wabah Covid-19 ini:

1. Langkah cuci tangan 

Program pendidikan harus memperhatikan langkah mencuci tangan yang tepat dan melakukan perlindungan pelindung kulit.

Memberi tahu teknik untuk mencuci, mengeringkan, dan dianjurkan untuk sering menggunakan emolien untuk pencegahan dermatitis kontak iritan.

2. Gunakan pembersih bebas sabun

Anda dapat menggunakannya dengan air jika tangan terlihat kotor.

Deterjen sintetis memiliki pH netral atau sedikit asam dan memiliki kandungan asam lemak bebas yang relatif tinggi.

Sehingga, deterjen ini tidak akan terlalu mengiritasi kulit dan memiliki efek melembapkan, untuk membantu mencegah kekeringan dan iritasi pada tangan.

Baca juga: Keajaiban Cuci Tangan, Bisa Cegah Penyakit Termasuk Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.