Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengatasi Nyeri Carpal Tunnel Syndrome Tanpa Operasi

Dokter spesialis reumatologi Scott Burg, DO, mengatakan jika gejala-gejala tersebut terasa pada ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, seringkali itu merupakan tanda awal carpal tunnel syndrome.

“Tentu saja tidak semua nyeri tangan merupakan carpal tunnel syndrome,” kata Dr. Burg.

“Ini adalah masalah saraf yang sangat spesifik dengan tanda-tanda yang jelas. Ketika carpal tunnel syndrome menyerang, jalur di pergelangan tangan, menjadi terlalu padat karena peradangan atau kompresi, sehingga akan ada tekanan pada saraf median Anda” imbuhnya.

Senada dengan Burg, ahli bedah tangan, pergelangan tangan, siku dan bahu, dr. William Seitz, MD mengatakan, carpal tunnel syndrome adalah kondisi umum yang memengaruhi tangan dan pergelangan tangan.

“Gejalanya termasuk mati rasa, kesemutan dan nyeri, biasanya di ibu jari dan tiga jari pertama tangan Anda,” kata Dr. Seitz.

Carpal tunnel syndrome terjadi ketika saraf median, yang membentang dari lengan bawah ke tangan Anda melalui ruang sempit yang disebut carpal tunnel atau terowongan karpal, tertekan atau terjepit.

Ada beberapa kondisi yang membuat terowongan karpal lebih kecil - dan menekan saraf median – yang kemudian dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome. Berikut di antaranya:

- Kondisi medis seperti hipotiroidisme, rheumatoid arthritis, dan diabetes.

- Gerakan tangan yang berulang, terutama jika pergelangan tangan ditekuk sehingga tangan Anda lebih rendah dari pergelangan tangan Anda.

- Kehamilan.


Kabar baiknya, sebelum menjalani operasi, ada sejumlah metode yang dapat Anda lakukan di rumah untuk meredakan nyeri carpal tunnel syndrome.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan aktivitas yang menyebabkan kompresi.

“Pikirkan tentang aktivitas yang menurut Anda mungkin menyebabkan mati rasa dan nyeri di pergelangan tangan, dan cobalah untuk menghentikan atau menguranginya,” kata Dr. Seitz.

Berikut ini lima cara mengatasi nyeri carpal tunnel syndrome di rumah:

1. Kompres pergelangan tangan Anda dengan es atau rendam dalam air es selama 10 menit hingga 15 menit, lakukan sekali atau dua kali dalam satu jam.

2. Hilangkan nyeri malam hari dengan menjabat tangan dan pergelangan tangan secara lembut atau menggantung tangan Anda di sisi tempat tidur.

3. Beli belat atau pelindung pergelangan tangan di toko obat, agar tangan Anda tetap lurus. Memakai penahan di malam hari akan membantu Anda tidak meregangkan tangan saat tidur.

4. Konsumsi obat antiinflamasi non steroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen untuk meredakan nyeri.

Minum NSAID dengan makanan dan setelah berkonsultasi dengan dokter perawatan primer untuk memastikan tidak ada alasan medis - untuk menghindari pereda nyeri ini.

5. Rendam tangan Anda dalam air hangat - dengan suhu antara 92 hingga 100 derajat - dan gerak-gerakkan tangan dan pergelangan tangan dengan lembut. Lakukan ini tiga hingga empat kali sehari.

Kapan harus ke dokter?

Jika perawatan rumahan tersebut tidak berhasil meredakan rasa sakit dalam satu atau dua minggu, inilah saatnya untuk menemui dokter ortopedi, yang mengkhususkan diri dalam perawatan tulang, persendian, dan otot.

“Dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi jika ada kerusakan parah pada saraf median Anda atau untuk mencegah hilangnya sensorik atau fungsional permanen,” kata Dr. Seitz.

Operasi dilakukan dengan memotong pita jaringan di pergelangan tangan yang melintasi saraf median untuk mengurangi tekanan.

“Seiring waktu, pembedahan mungkin merupakan cara terbaik untuk penyembuhan yang permanen,” pungkas Dr. Seitz.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/22/100500723/5-cara-mengatasi-nyeri-carpal-tunnel-syndrome-tanpa-operasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke