Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2020, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Sejak wabah virus corona menyebar dari China hingga ke seluruh penjuru dunia, total infeksi Covid-19 ini telah mencapai lebih dari 4,6 juta orang. 

Penyakit yang kemudian oleh WHO resmi disebut sebagai Coronavirus Disease (Covid-19) ini juga telah menewaskan lebih dari 300.000 orang di seluruh dunia.

Bahkan, di Indonesia angka kasus infeksi virus ini juga telah mencapai 16.496 orang dan telah menewaskan 1.076 orang. Angka ini pun terus bertambah dari hari ke hari.

Namun, di tengah upaya penanganan pandemi Covid-19 ini, tak sedikit orang yang masih meremehkan penyakit yang diakibatkan oleh virus corona jenis baru, SARS-CoV-2.

Baca juga: Video Viral Indira Kalistha, Dokter Ingatkan Covid-19 Bukan Penyakit yang Biasa Saja…

Belum lama ini, video viral YouTuber muda Indira Kalistha yang menganggap virus corona yang kini mewabah tidak "seheboh" itu.

Bahkan, Indira mengaku jarang memakai masker dan mencuci tangah, seperti imbauan yang sering dikampanyekan pemerintah maupun para ahli kesehatan.

Selebgram Indira Kalistha ketika menjadi tamu dalam vlog Gritte Agatha.YouTube Gritte Agatha. Selebgram Indira Kalistha ketika menjadi tamu dalam vlog Gritte Agatha.

Baca juga: Fase Baru Virus Corona di Amerika Tidak Terdeteksi, Ahli Peringatkan

Sentimen negatif dan cenderung menyepelekan infeksi virus corona ini juga muncul di berbagai belahan dunia.

Melansir Quartz, Sabtu (16/5/2020), dari hari ke hari, kesenjangan antara analisis pakar dan opini publik semakin lebar.

Di Amerika Serikat, dukungan populer yang sangat signifikan untuk kebijakan Presiden Donald Trump yang penuh kontroversi dalam penanganan pandemi Covid-19 di negara tersebut, dipertanyakan para ahli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com