Serupa Tata Surya, Astronom Temukan Exoplanet Layak Huni Luar Bumi

Kompas.com - 16/05/2020, 13:11 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Astronom kembali menemukan zona layak huni di luar Bumi yang memiliki lingkungan galaksi seperti di Tata Surya ini.

Sistem itu bernama TRAPPIST-1 yang berjarak hanya 40 tahun cahaya, dengan tujuh exoplanet berbatu dan tiga di antaranya berada di zona layak huni bintang tersebut.

Melansir Science Alert, Sabtu (16/5/2020), penelitian baru yang menakjubkan ini telah menemukan sistem yang planet-planet yang mengorbit di Tata Surya kita.

Mengorbit pada bidang yang lebih atau kurang datar di sekitar ekuator Matahari. Demikian juga eksoplanet TRAPPIST-1 yang mengorbit di bidang datar.

Baca juga: Exoplanet Raksasa ini Dihujani Logam Besi, Astronom Temukan Buktinya

Penemuan ini memungkinkan para astronom untuk menyelidiki sejarah dinamik sistem tersebut.

Akan tetapi,dengan penemuan planet di sekitar ekuator bintang berarti pada dasarnya planet ini cenderung memiliki perilaku orbit yang sama di mana mereka terbentuk. Sehingga membuat kondisi primordial sistem yang lebih mudah untuk dipelajari.

Sampai saat ini, para astronom telah menemukan lebih dari 4.000 exoplanet di galaksi Bima Sakti.

Gugusan exoplanet TRAPPIST-1JPL-CALTECH/NASA Gugusan exoplanet TRAPPIST-1