Kompas.com - 16/05/2020, 13:11 WIB
Ilustrasi tujuh exoplanet yang mengorbit bintang TRAPPIST-1. Tiga planet pertama terlalu panas dan planet terjauh terlalu dingin. Tapi tiga planet di orbit tengah kemungkinan memiliki suhu ideal untuk air dalam bentuk cari. NASAIlustrasi tujuh exoplanet yang mengorbit bintang TRAPPIST-1. Tiga planet pertama terlalu panas dan planet terjauh terlalu dingin. Tapi tiga planet di orbit tengah kemungkinan memiliki suhu ideal untuk air dalam bentuk cari.

KOMPAS.com - Astronom kembali menemukan zona layak huni di luar Bumi yang memiliki lingkungan galaksi seperti di Tata Surya ini.

Sistem itu bernama TRAPPIST-1 yang berjarak hanya 40 tahun cahaya, dengan tujuh exoplanet berbatu dan tiga di antaranya berada di zona layak huni bintang tersebut.

Melansir Science Alert, Sabtu (16/5/2020), penelitian baru yang menakjubkan ini telah menemukan sistem yang planet-planet yang mengorbit di Tata Surya kita.

Mengorbit pada bidang yang lebih atau kurang datar di sekitar ekuator Matahari. Demikian juga eksoplanet TRAPPIST-1 yang mengorbit di bidang datar.