Kompas.com - 16/05/2020, 13:11 WIB
Ilustrasi tujuh exoplanet yang mengorbit bintang TRAPPIST-1. Tiga planet pertama terlalu panas dan planet terjauh terlalu dingin. Tapi tiga planet di orbit tengah kemungkinan memiliki suhu ideal untuk air dalam bentuk cari. NASAIlustrasi tujuh exoplanet yang mengorbit bintang TRAPPIST-1. Tiga planet pertama terlalu panas dan planet terjauh terlalu dingin. Tapi tiga planet di orbit tengah kemungkinan memiliki suhu ideal untuk air dalam bentuk cari.


KOMPAS.com - Astronom kembali menemukan zona layak huni di luar Bumi yang memiliki lingkungan galaksi seperti di Tata Surya ini.

Sistem itu bernama TRAPPIST-1 yang berjarak hanya 40 tahun cahaya, dengan tujuh exoplanet berbatu dan tiga di antaranya berada di zona layak huni bintang tersebut.

Melansir Science Alert, Sabtu (16/5/2020), penelitian baru yang menakjubkan ini telah menemukan sistem yang planet-planet yang mengorbit di Tata Surya kita.

Mengorbit pada bidang yang lebih atau kurang datar di sekitar ekuator Matahari. Demikian juga eksoplanet TRAPPIST-1 yang mengorbit di bidang datar.

Baca juga: Exoplanet Raksasa ini Dihujani Logam Besi, Astronom Temukan Buktinya

Penemuan ini memungkinkan para astronom untuk menyelidiki sejarah dinamik sistem tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi,dengan penemuan planet di sekitar ekuator bintang berarti pada dasarnya planet ini cenderung memiliki perilaku orbit yang sama di mana mereka terbentuk. Sehingga membuat kondisi primordial sistem yang lebih mudah untuk dipelajari.

Sampai saat ini, para astronom telah menemukan lebih dari 4.000 exoplanet di galaksi Bima Sakti.

Gugusan exoplanet TRAPPIST-1JPL-CALTECH/NASA Gugusan exoplanet TRAPPIST-1

Baca juga: Pertama Kalinya, Astronom Gunakan Gelombang Radio Deteksi Exoplanet

Para astronom telah mengambil pengkuran orbital alignment dari beberapa exoplanet saat ini. Banyak material gas raksasa yang mengorbit dekat bintang obliguity.

Material itu tampak ketika bintang exoplanet mengorbit pada sudut miring ke sumbu putar bintang.

Mengorbit seperti planet di Tata Surya

TRAPPIST-1 adalah katai merah, yang berarti sangat kecil, sehingga dengan efek tertentu tidak mungkin dapat diamati.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.