Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2024, 09:32 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memperbaiki kecerdasan bukanlah sesuatu yang hanya terbatas pada genetika atau faktor keturunan.

Menurut penelitian ilmiah, ada sejumlah kebiasaan sederhana yang dapat memberikan dorongan signifikan pada IQ kita.

Baca juga: Stres Selama Hamil Pengaruhi IQ Anak Perempuan dan Laki-laki Secara Berbeda

Lebih lanjut lagi, berikut adalah beberapa cara yang dapat meningkatkan IQ seseorang menurut sains, yang dikutip dari laman Inc dan Science Focus:

1. Bermain catur

Menurut sebuah penelitian di Venezuela, anak-anak yang mengambil kelas catur selama 14 minggu secara signifikan meningkatkan IQ mereka.

Studi lain tahun 2013 dari Flinders University di Australia sampai pada kesimpulan yang sama: peserta yang bermain catur menunjukkan peningkatan tingkat IQ.

2. Latihan sprint

Sebuah penelitian di Swedia membuktikan bahwa kebugaran kardiovaskular benar-benar dapat meningkatkan kecerdasan verbal Anda sebesar 50 persen.

Menurut Maria Aberg, pemimpin penelitian, "Peningkatan kebugaran kardiovaskular berkaitan dengan peningkatan skor kognitif yang lebih tinggi. Sebaliknya, hubungan antara kekuatan otot dan kecerdasan cenderung lebih lemah."

3. Minum creatine

Penelitian dari University of Sydney menunjukkan bahwa jika Anda mengonsumsi 5g kreatin setiap hari, Anda dapat meningkatkan IQ Anda dengan 15 poin penuh selama periode enam minggu.

Baca juga: Selain Tingkatkan IQ, Ikan Terbukti Memperbaiki Kualitas Tidur Anak

4. Meditasi

Penelitian telah menemukan bahwa meditasi selama hanya 20 menit sehari tidak hanya meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres, tetapi juga meningkatkan efisiensi dalam pemrosesan kognitif yang mendalam.

5. Tidur yang cukup

Menurut penelitian dari Loughborough University's Sleep Research Centre, setiap kurangnya satu jam dari delapan jam tidur malam yang direkomendasikan dapat mengurangi poin IQ Anda.

Bahkan, laporan mereka menyimpulkan bahwa kehilangan tidur dua jam secara rutin dapat mengakibatkan seseorang dengan IQ rata-rata mengalami "keterbelakangan" intelektual.

6. Mempelajari bahasa baru

Menurut ilmu saraf, mempelajari bahasa asing merangsang pertumbuhan otak Anda. Saat Anda menguasai serangkaian aturan yang kompleks (seperti tata bahasa yang berbeda dari bahasa ibu Anda), itu menghasilkan penebalan korteks dan peningkatan volume hippocampus.

Baca juga: Malas Mungkin Pertanda IQ Tinggi?

7. Bermain alat musik

Studi dari University of Zurich menemukan bahwa keahlian dalam alat musik dapat meningkatkan IQ, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan, efeknya tidak kecil.

Dengan skor IQ rata-rata di Amerika Serikat sebesar 98, bermain musik dapat meningkatkannya hingga 7 poin atau lebih.

8. Rajin membaca

Survei dari Imperial College London yang melibatkan lebih dari 250.000 orang menemukan bahwa individu yang rajin membaca cenderung memiliki nilai lebih tinggi dalam kecerdasan verbal.

9. Latihan aerobik

Sebuah penelitian dari University of South Wales menemukan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang dihasilkan oleh otak, suatu hormon yang esensial dalam pembentukan sel dan koneksi otak baru.

Baca juga: 7 Tanda Kecerdasan Menurut Sains, Bukan Hanya IQ Tinggi

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com