Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2023, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking revitalisasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 020 Sepaku di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dekat Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (1/11/2023).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirahim pada sore ini, peletakkan batu pertama groundbreaking revitalisasi Sekolah Dasar Negeri 020 Sepaku secara resmi saya nyatakan dimulai," ucap Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bahwa fasilitas SDN 020 Sepaku akan dibangun oleh Yayasan Pendidikan Astra selama 10 bulan.

Artinya, revitalisasi pusat pendidikan tersebut ditarget rampung sebelum Jokowi lengser dari jabatannya.

"Sepuluh bulan, nah, artinya nanti saya masih bisa ke sini kalau sepuluh bulan, tapi kalau lepas sepuluh bulan, saya sudah pensiun," imbuh Jokowi.

Nantinya SDN 020 Sepaku akan dilengkapi dengan sarana dan prasana, seperti ruang kelas, laboratorium IPA dan TIK, perpustakaan, teater, kantin, tempat baca, lapangan multifungsi, area hijau, konservasi embung, dan fasilitas pendukung lainnya.

Baca juga: Ini Kabar Terbaru Proyek Rusun ASN-Hankam IKN Garapan Summarecon

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra, semoga ini betul-betul bermanfaat bagi masyarakat kita," lanjut Jokowi.

Selain SDN 020 Sepaku, ada lima sekolah lain di sekitar IKN yang juga tengah direvitalisasi.

"Dan, saya senang ini akan memperbaiki kualitas pendidikan tidak hanya di SD Negeri 020, tetapi kita juga sedang memperbaiki, merehabilitasi lima SD yang lain sekitar IKN," tutup Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com