Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Superblok Pakuwon di IKN Resmi Dibangun, Nilai Investasinya Rp 5 Triliun

Kompas.com - 01/11/2023, 13:11 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan proyek superblok besutan PT Pakuwon Jati Tbk melalui anak usahanya PT Pakuwon Nusantara Abadi di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah resmi dimulai.

Hal itu ditandai dengan berlangsungnya groundbreaking Pakuwon Nusantara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (01/11/2023).

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim pada siang hari ini groundbreaking Pakuwon Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," ujarnya dikutip dari tayangan kanal Youtube PT Pakuwon Jati Tbk.

Jokowi pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi PT Pakuwon Jati Tbk sebagai salah satu investor dalam negeri yang ikut mengwali pengembangan IKN.

"Saya senang ini PT Pakuwon sudah mendahului membangun dan saya sangat menghargai mengapresiasi," tukasnya.

Baca juga: Bangun Tiga Hotel Berbintang di IKN, Pakuwon Gandeng Marriott

Direktur PT Pakuwon Nusantara Abadi, Alexander Stefanus Ridwan Suhendra menyampaikan, proyek superblok Pakuwon Nusantara dibangun dengan nilai investasi Rp 5 triliun.

Berdiri di atas lahan seluas 7,2 hektar, proyek berupa hotel yang terintegrasi dengan apartemen dan mal ini terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A.

"Dengan investasi sebesar Rp 5 triliun, PT Pakuwon Nusantara Abadi akan membangun superblok Pakuwon Nusantara yang dirancang oleh arsitek Indonesia terkemuka Airmas dengan konsep desain yang menyatu dengan teras langit, alam terbuka yang hijau, dan pemandangan alam yang asri," jelas Alexander Stefanus Ridwan Suhendra.

Mengenai tahapan pembangunan superblok Pakuwon Nusantara, pertama akan dibangun Four Points Hotel by Sheraton dengan kamar 300 unit dan mal atau pusat perbelanjaan.

Dilanjutkan pembangunan hotel Tribute Portfolio by Marriott International sebanyak 260 kamar dan 2 tower kondominium sebanyak 162 unit.

"Kemudian juga kita bangun Westin Hotel dengan 234 kamar dan ballroom yang besar, serta serviced apartment dengan 108 unit," bebernya.

Di berharap kehadiran Pakuwon Nusantara dapat memberikan dampak ekonomi yang positif dengan terbukanya kesempatan kerja dalam jangka pendek dan jangka panjang.

"Kami akan berusaha untuk selalu memberi yang terbaik, mohon doa restu Bapak Presiden agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkas Alexander Stefanus Ridwan Suhendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com