Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2023, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Ciputra Group akan membangun kawasan terintegrasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Yang di IKN tentu kita siapkan proyek baru, yang kita usulkan ada satu integrated development mengutamakan dengan konsep Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE)," jelas Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata dalam konferensi pers di Citra Maja Raya, Lebak, Banten, Senin (30/10/2023).

Kawasan tersebut akan mencakup hotel, area konvensi, area pameran, perumahan, hingga area golf.

"Jadi akan ada hotel, exhibition, convention dan tentu perumahannya dengan supporting-nya seperti golf, untuk MICE kan dibutuhkan," imbuhnya.

Pengembangan tersebut dipilih karena Ciputra melihat potensi kawasan berkonsep MICE dalam pembangunan kota baru tahap awal.

Sementara untuk lokasinya, Ciputra masih mencari tempat yang tepat di luar Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan nilai kontrak yang belum dibuat.

 Baca juga: Raja Properti Surabaya Rogoh Rp 1,4 Triliun Belanja Hotel dan Bangun Mal

"Kita mesti ikut programnya pemerintah, ya secepatnya sesuai pemerintah," tegas Budiarsa soal kapan groundbreaking proyek Ciputra di IKN dilaksanakan.

Sedangkan berdasarkan arsip Kompas.com, diketahui bahwa Ciputra Group berkomitmen untuk mengembangkan kawasan seluas 300 hektar di IKN.

Komitmen ini dilontarkan langsung oleh Budiarsa Sastrawinata saat jajak pasar pada Oktober 2022 lalu yang diikuti sekitar 500 investor potensial tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Keuangan Ciputra Group Tulus Santoso membenarkan komitmen perusahaannya untuk ikut membangun kawasan yang disebut Jokowi sebagai masa depan Indonesia itu.

"Ya kami berkomitmen secara general. Detail rencananya masih kami hitung," ujar Tulus kepada Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com