Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 2024, Hutama Karya Fokus Tuntaskan Proyek JTTS Tahap 1 dan IKN

Kompas.com - 01/11/2023, 13:08 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) akan memfokuskan penyelesaian Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Tahap I dan proyek-proyek baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hingga tahun 2024 mendatang.

Informasi ini sebagaimana Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangan tertulis, Rabu (1/11/2023).

"Hingga tahun 2024 mendatang, proyek-proyek baru di IKN serta penyelesaian JTTS Tahap 1 akan menjadi fokus utama perusahaan," terang Tjahjo.

Sementara itu, hingga akhir tahun 2023, Hutama Karya masih optimistis mencatatkan laba bersih dan mengejar perolehan sejumlah kontrak baru.

Tercatat pada Kuartal III tahun 2023, perusahaan meraup laba bersih senilai Rp 34 Miliar atau tumbuh sebesar 203,29 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya masih membukukan rugi Rp 992 miliar.

Baca juga: Empat Tahun Transformasi Digital, Kinerja Hutama Karya Diakui Dunia

Dari sisi tata kelola, perseroan juga akan fokus dalam memperbaiki mismatch antara utang dan piutang dengan selektif memilih proyek-proyek yang benar-benar menguntungkan.

Menurut Tjahjo, Hutama Karya berkomitmen untuk mempertahankan tingkat profitabilitas, solvabilitas, dan likuiditas pada level optimal.

“Saat ini, kami juga sedang dalam proses tender (lelang) beberapa proyek di IKN," ungkap Tjahjo.

Kajian risiko dan perhitungan yang matang menjadi perhatian utama perusahaan dalam mencari proyek baru, baik di IKN maupun infrastruktur lainnya.

Selama empat tahun terakhir, perusahaan mencatatkan rata-rata pertumbuhan aset 24,75 persen atau senilai Rp 140,86 triliun.

Peningkatan ini menjadikan perseroan sebagai salah satu dari sepuluh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar saat ini berdasarkan total aset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com