Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKN Segera Punya Sekolah Bertaraf Internasional Pertama

Kompas.com - 01/11/2023, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) segera mempunyai sekolah bertaraf internasional.

Hal ini ditandai lewat groundbreaking Nusantara Intercultural School (NIS) oleh Jakarta International School (JIS) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (1/11/2023).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini grounbreaking Nusantara Intercultural School, NIS, secara resmi saya nyatakan dimulai," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi mengaku banyak mendapatkan pertanyaan dari calon penghuni IKN soal fasilitas pendidikan untuk keluarga mereka di ibu kota baru tersebut.

"Selalu ditanyakan kepada saya, Pak saya mau pindah, Pak saya akan pindah, tapi anak saya sekolahnya di mana, sekolahnya kualitasnya seperti apa?," imbuh Jokowi.

Oleh karenanya, groundbreaking NIS merupakan jawaban dari pertanyaan tersebut dan diharapkan masyarakat tidak ragu untuk pindah ke IKN.

Baca juga: Proyek Superblok Pakuwon Berlokasi di Sumbu Kebangsaan IKN

"Kehadiran JIS di ikn menunjukkan keseriusan, komitmen kita untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung ibu kota, termasuk menghadirkan lembaga pendidikan bertaraf internasional yang berkualitas dunia," tegas Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, juga dilaksanakan groundbreaking sejumlah infrastruktur lain, seperti Bandara VVIP IKN, superblok Pakuwon Nusantara, Rumah Sakit Mayapada, Rumah Sakit Hermina, dan lainnya.

Sebagai informasi, pemerintah menargetkan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN dilakukan secara bertahap, mulai dari tahun 2024 mendatang.

Saat ini tengah disiapkan sejumlah infrastruktur pendukung pemerintahan maupun kehidupan masyarakat di IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com