Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2023, 20:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengimbau Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat segera memproses pembuatan perjanjian kerja sama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Bank Indonesia (BI).

Dengan demikian, Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) BI dan PSSI di atas Hak Pengelolaan (HPL) Badan OIKN dapat segera diterbitkan.

Imbauan ini dilontarkan Hadi usai menyerahjan tiga sertifikat HPL kepada Wakil Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (3/8/2023) 

Baca juga: 3 Sertifikat Tanah HPL IKN 34.000 Hektar Diserahkan ke Otorita

Dengan terbitnya Sertifikat HPL OIKN ini, artinya seluas kurang lebih 34.035,73 hektar tanah di IKN telah berkepastian hukum.

Rinciannya, dari masing-masing bidang tanah yang telah bersertifikat tersebut di antaranya 253,39 hektar, 25.637,86 hektar, dan 8.144,48 hektar.

"Untuk kita bisa mengendalikan tanah di kawasan IKN, kita berikan HPL yang langsung di bawah Kepala OIKN, dan semua pembangunan di atas kawasan kita berikan HGB," ucap Hadi dalam rilisnya, Jumat (4/8/2023).

Menurut Hadi, hal ini merupakan dari komitmen Kementerian ATR/BPN untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah.

Sehingga, investor segera datang dan diberikan kepastian hukum, kemudian kawasan IKN menjadi sumber ekonomi baru.

Sedangkan Dhony dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi terhadap penyelesaian proses penerbitan sertifikat.

Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu tonggak sejarah yang penting dalam pembangunan IKN.

"Terbitnya HPL ini memberikan kepastian hak pengelolaan kepada Otorita di atas tanah 34.000 hektar. Dengan terbitnya sertifikat, maka pembangunan akan segera terwujud," ucap Dhony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com