Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Pastikan Konstruksi Tol Cibadak-Sukabumi Barat Beres Akhir 2024

Kompas.com - 04/08/2023, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat dapat diselesaikan akhir tahun 2024 mendatang.

Menurut dia, dengan dilanjutkannya pembangunan ke seksi tersebut, maka dapat melewati titik kemacetan di Pasar Cibadak.

“Kita berharap hingga Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat bisa selesai akhir tahun 2024. Artinya, sudah melewati titik kemacetan yang parah di Pasar Cibadak,” tutur Basuki dalam rilisnya, Jumat (4/8/2023).

Hal ini menyusul telah diresmikannya Seksi 2 Cigombong-Cibadak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (4/8/2023).

Senada dengan Basuki, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Miftachul Munir mengungkapkan, setelah Seksi 2 dioperasikan, maka pembangunan berlanjut ke Seksi 3.

Baca juga: Lewat Tol Cigombong-Cibadak, Jakarta-Sukabumi Cuma 2 Jam 30 Menit

Hal ini dapat mejadi solusi kemacetan dari arah atau ke arah Sukabumi bahkan hingga Pelabuhan Ratu di Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Dengan selesainya ruas jalan ini, waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi yang sebelumnya memakan waktu 5 jam-6 jam, sekarang hanya sekitar 2,5 jam.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi terdiri dari empat seksi dengan total panjang keseluruhan 54 kilometer.

Hingga saat ini, Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Lalu, Seksi 2 Cigombong-Cibadak yang diresmikan (4/8/2023) sebelumnya sudah pernah difungsikan untuk memperlancar arus mudik Lebaran 15 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023.

Kemudian dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer dengan progres pembebasan lahan 86 persen, serta Seksi 4 ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer dengan progres pembebasan lahan 9,9 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com