Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersambung Penuh Tahun 2026, Ini Profil Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg

Kompas.com - 02/08/2023, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panjang jalan tol di Indonesia bakal kian bertambah dalam beberapa tahun mendatang. Salah satunya dengan kehadiran Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg.

Pasalnya, telah berlangsung Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Kamal-Teluknaga-Rajeg pada Selasa (01/08/2023).

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol dengan total panjang mencapai 38,60 km merupakan proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atas Prakarsa Badan Usaha (unsolicited project).

Pembangunan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg diprakarsai oleh PT Duta Graha Karya dengan nilai investasi sebesar Rp 23,22 triliun dengan masa konsesi 40 tahun terhitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Baca juga: Tol Kamal–Teluknaga–Rajeg Perlancar Jalur Logistik ke Pelabuhan Merak

Kepala BPJT Miftachul Munir menyampaikan, pembangunan jalan tol tersebut bertujuan mengembangkan kawasan Kabupaten Tangerang bagian utara.

Selain itu juga sebagai upaya dalam mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan di Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta.

"Untuk Seksi 1 hingga 4 mulai dari Jalan Tol Sedyatmo hingga Kohod ditargetkan akan selesai konstruksinya dan dioperasikan pada tahun 2025, selanjutnya untuk Seksi 5 hingga 8 dari Kohod hingga Rajeg ditargetkan selesai konstruksinya pada tahun 2026," terang Munir.

Terdiri dari delapan seksi, berikut trase Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg:

  • Seksi 1 Sedyatmo-Kosambi 6,7 Km
  • Seksi 2 Kosambi-Teluknaga 3,7 Km
  • Seksi 3 Teluknaga-Tanjung Pasir 3,1 Km
  • Seksi 4 Tanjung Pasir–Kohod 3,65 Km
  • Seksi 5 Kohod–Surya Bahari 5,15 Km
  • Seksi 6 Surya Bahari–Pakuhaji 5,5 Km
  • Seksi 7 Pakuhaji–Mauk 5,1 Km
  • Seksi 8 Mauk–Rajeg 5,7 Km

Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg juga memiliki dua buah Junction (JC) yaitu, JC Sedyatmo yang terkoneksi dengan Jalan Tol Prof. Sedyatmo, dan JC Rajeg yang terkoneksi dengan Tol Semanan-Balaraja.

Di samping itu, terdapat pula tujuh Simpang Susun (SS), meliputi SS Kosambi, SS Teluk Naga, SS Tanjung Pasir, SS Kohod, SS Surya Bahari, SS Paku Haji, dan SS Mauk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com