Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Jokowi, Jabar Juaranya Investasi karena Banyak Jalan Tol, Apa Saja?

Kompas.com - 04/08/2023, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadi juaranya realisasi investasi di Indonesia. Salah satu pemicunya dinilai karena banyaknya pembangunan jalan tol di Jabar.

Hal itu dikemukakan Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat (04/08/2023).

"Dari survei, para investor yang ada kenapa di Provinsi Jawa Barat menduduki ranking yang pertama untuk investasi alasannya yang pertama karena jalan tol yang ada di provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," jelasnya dalam tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden RI.

Berdasarkan pernyataan Kepala Negara itu, terdapat dua hal yang setidaknya perlu diulas. Pertama mengenai realisasi investasi di Jabar, dan kedua jumlah jalan tol di Jabar.

Investasi di Jawa Barat

Jawaban itu tersaji dalam di dokumen Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjudul realiasi investasi di Indonesia Triwulan II-2023 dan Semester I-2023.

Baca juga: Seksi 2 Diresmikan Jokowi, Tol Ciawi-Sukabumi Beroperasi Kian Panjang

Pada Triwulan II-2023, Jabar menempati peringkat pertama realiasasi investasi terbanyak di Indonesia dengan Rp 53,7 triliun. Mengungguli DKI Jakarta di tempat kedua Rp 43,0 triliun.

Nominal yang diraih Jabar merupakan akumulasi dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 15,4 triliun, dan Penanaman Modal Asing (PMA) senilai 2,6 miliar Dolar AS atau setara Rp 38,3 triliun.

Label juara investasi untuk Jabar juga terjadi pada Semester I-2023. Di mana menduduki ranking pertama dengan realisasi investasi Rp 103,7 triliun. Mengalahkan DKI Jakarta Rp di posisi kedua dengan raihan Rp 79,5 triliun.

Adapun rincian realisasi investasi di Jabar meliputi PMDN sebesar Rp 37,2 triliun, dan PMA senilai 4,5 miliar Dolar AS atau setara Rp 66,5 triliun.

Menariknya, Jabar juga menduduki realisasi PMA terbanyak dibandingkan provinsi lainnya, baik itu pada Triwulan II-2023 maupun Semester I-2023.

Jumlah dan Daftar Jalan Tol di Jawa Barat

Merujuk laman Open Data Kementerian PUPR, panjang jalan tol beroperasi di Indonesia per 1 Agustus 2023 ialah 2.569 km dan terdiri dari 66 jalan tol operasi.

Dari jumlah tersebut, provinsi dengan jumlah jalan tol beroperasi terbanyak di Indonesia adalah Jawa Barat. Terdiri dari 12 ruas jalan tol dengan total panjang sekitar 391,4 km.

Baca juga: Pemerintah Berencana Bangun Jalan Tol Baru, Hubungkan Kertajati-Indramayu

Jumlah jalan tol di Jabar mengungguli Provinsi Jawa Timur di peringkat kedua dengan 11 ruas jalan tol beroperasi, dan DKI Jakarta peringkat ketiga dengan 9 ruas jalan tol beroperasi.

Berikut daftar 12 ruas jalan tol beroperasi di Jabar:

  1. Jalan Tol Ciawi-Sukabumi;
  2. Jalan Tol Cikampek-Padalarang;
  3. Jalan Tol Cikopo-Palimanan;
  4. Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan;
  5. Jalan Tol Cimanggis-Cibitung;
  6. Jalan Tol Cinere-Jagorawi;
  7. Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated;
  8. Jalan Tol Kanci-Pejagan;
  9. Jalan Tol Lingkar Luar Bogor;
  10. Jalan Tol Padalarang-Cileunyi;
  11. Jalan Tol Palimanan-Plumbon-Kanci;
  12. Jalan Tol Soreang-Pasir Koja.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com