Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paruh 2023, Properti Masuk Lima Besar Penyumbang Investasi Terbanyak

Kompas.com - 25/07/2023, 14:18 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Properti masuk lima besar sektor yang menyumbangkan realisasi investasi terbanyak di Indonesia pada Semester I-2023.

Properti yang dimaksud mencakup sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran.

Hal itu berdasarkan dokumen Realisasi Triwulan II dan Januari-Juni 2023 dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Untuk diketahui, total realisasi investasi di Indonesia pada Semester I-2023 sebesar Rp 678,7 triliun, atau setara 48,5% dari target tahun 2023 sebesar Rp 1.400 triliun.

Dari jumlah tersebut, sektor properti menempati peringkat empat terbanyak dengan realisasi investasi sebesar Rp 58,3 triliun.

Baca juga: Dari Total 20 Kawasan, KEK Gresik Catatkan Realisasi Investasi Tertinggi

Raihan investasi pada sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran itu merupakan akumulasi dari Penanaman Modal Asing (PMA) serta Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Untuk PMA, properti meraup investasi 1,3 miliar Dolar AS atau setara Rp 20,38 triliun dari 3.495 proyek. Menempati urutan enam terbanyak realisasi investasi PMA Semester I-2023.

Sedangkan untuk PMDN, realisasinya mencapai Rp 37,9 triliun dari 5.303 proyek.

Hal itu membuat sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran itu menempati peringkat kedua terbanyak capaian investasi PMDN selama Semester I-2023.

Adapun sektor yang memberikan kontribusi terbanyak terhadap total realisasi investasi selama Semester I-2023 ialah industri logam dasar, barang logam, bukan mesin, dan peralatannya.

Realisasinya dengan total akumulasi dari PMDN dan PMA yaitu sebesar Rp 89 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com