Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seksi 2 Diresmikan Jokowi, Tol Ciawi-Sukabumi Beroperasi Kian Panjang

Kompas.com - 04/08/2023, 09:31 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak pada Jumat (04/08/2023).

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat," ujarnya dikutip dari tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden RI.

Kepala Negara menyampaikan, pembangunan ruas Cigombong-Cibadak yang merupakan Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi menelan anggaran Rp 3,2 triliun.

Dengan diresmikannya ruas tersebut, jalan bebas hambatan berbayar yang juga kerap disebut Tol Bocimi itu kini beroperasi lebih panjang.

"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km sudah selesai dan siap dioperasikan," tandas Jokowi.

Baca juga: Nih Daftar Ruas Tol Trans-Sumatera yang Masih Konstruksi serta Progresnya

Sebagai informasi, dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Kamis (03/08/2023), Jalan Tol Ciawi-Sukabumi memiliki total panjang 54 km dan terbagi 4 Seksi. 

Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Sementara Seksi 2 Cigombong-Cibadak baru saja diresmikan.

Sedangkan untuk Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km, saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi memiliki 6 Simpang Susun (SS), meliputi SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat, dan SS Sukabumi Timur.

Kehadiran Jalan Tol Ciawi-Sukabumi memiliki peran penting dalam mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju ke Sukabumi serta mengurangi kemacetan pada jalan nasional Bogor-Sukabumi.

Melalui Jalan Tol Ciawi-Sukabumi yang telah terkoneksi dari Ciawi hingga Cibadak ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan lebih cepat dari Jakarta ke Sukabumi selama 2 jam hingga 2,5 jam saja.

Dari yang sebelumnya ditempuh selama 4 sampai 5 jam melewati jalan arteri melewati jalur kemacetan seperti Cicurug, Parungkuda, dan Cibadak.

Baca juga: Tersambung Penuh Tahun 2026, Ini Profil Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi juga terhubung dengan jalan nasional Pansela Jawa Barat di Pelabuhan Ratu via Cikembang-Cikadu sehingga diharapkan akan mempermudah akses menuju kawasan pariwisata di sekitar Sukabumi bagian selatan.

Serta menjadi konektivitas pendukung menuju tempat wisata, yakni Pantai Pelabuhan Ratu, Puncak Habibie, Geopark Ciletuh, dan Pantai Ujung Genteng.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com