Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kamal–Teluknaga–Rajeg Perlancar Jalur Logistik ke Pelabuhan Merak

Kompas.com - 01/08/2023, 20:41 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah menggarap proyek Jalan Tol Kamal–Teluknaga–Rajeg sepanjang 38,6 kilometer.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol ini akan memperlancar jalur logistik menuju Pelabuhan Merak di Provinsi Banten.

"Kalau dilihat jalurnya jalan tol ini akan tembus ke Jalan Tol Jakarta-Merak, sehingga nanti mudah-mudahan yang dari Barat tidak perlu lewat Jalan Tol Dalam Kota Jakarta," kata Menteri Basuki saat menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Kamal–Teluknaga–Rajeg di Kantor Kementerian PUPR, Selasa (1/8/2023).

Lanjut Basuki, proyek ini merupakan sistem jalan tol di koridor Jawa sebelah Barat untuk pengembangan wilayah ekonomi.

Proyek ini diprakarsai oleh PT Duta Graha Karya dengan nilai investasi sebesar Rp 23,22 triliun dan dilaksanakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atas Prakarsa Badan Usaha atau unsolicited project.

Menteri Basuki juga menginstruksikan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga untuk memonitor kualitas konstruksi mulai dari perencanaan desain hingga proses pembangunan.

"Jalur jalan tol ini melewati daerah pantai, pasti banyak tanah lunak, harus ada ketelitian dalam penelitian geologi tanah," imbuh Basuki.

Baca juga: Nih Daftar Ruas Tol Trans-Sumatera yang Masih Konstruksi serta Progresnya

Sementara Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir menjelaskan, pembangunan Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg bertujuan untuk mengembangkan kawasan Kabupaten Tangerang bagian Utara. 

"Untuk Seksi 1 hingga 4 mulai dari Jalan Tol Sedyatmo hingga Kohod ditargetkan akan selesai konstruksinya dan dioperasikan pada tahun 2025, selanjutnya untuk Seksi 5 hingga 8 dari Kohod hingga Rajeg ditargetkan selesai konstruksinya pada tahun 2026," ujar Munir.

Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg memiliki 8 Seksi yakni Seksi 1 (Sedyatmo-Kosambi) 6,7 kilometer, Seksi 2 (Kosambi-Teluknaga) 3,7 kilometer, Seksi 3 (Teluknaga-Tanjung Pasir) 3,1 kilometer, Seksi 4 (Tanjung Pasir–Kohod) 3,65 kilometer.

Kemudian, Seksi 5 (Kohod–Surya Bahari) 5,15 kilometer, Seksi 6 (Surya Bahari–Pakuhaji) 5,5 kilometer, Seksi 7 (Pakuhaji–Mauk) 5,1 kilometer, dan Seksi 8 (Mauk–Rajeg) 5,7 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com