Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Tiga Tol Terpadat di Sumatera, Nomor Satu Ruas Pekanbaru-Dumai

Kompas.com - 28/07/2023, 08:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama periode Semester I Tahun 2023, Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) tercatat merupakan ruas terpadat di Pulau Sumatera, dengan total volume lalu lintas (VLL) mencapai 98.000 kendaraan.

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo mengungkapkan hal ini kepada Kompas.com, Kamis (27/7/2023).

Menurut Tjahjo, Tol Permai menjadi ruas terpadat dalam rangkaian Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) selain Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), dan Tol Cinjai-Langsa Seksi 1 (Binsa).

Baca juga: Tol Dalam Kota Jakarta, Terpadat di Indonesia

"Keduanya masing-masing mencatat VLL 88.000 kendaraan dan 51.000 kendaraan," ujar Tjahjo.

Banyaknya kendaraan yang melintas di Tol Permai dan Terpeka tersebut karena masuk ke dalam deretan jalan tol terpanjang di Indonesia, masing-masing 131 kilometer dan 189,2 kilometer, yang juga tersambung dengan pelabuhan.

"Sehingga, hal ini menambah minat kendaraan logistik, sementara untuk Tol Binsa dipicu tingginya mobilitas masyarakat yang ingin melintas dari arah Binjai menuju Stabat," terang Tjahjo.

PT Hutama Karya (Persero) sedang melaksanakan sejumlah pekerjaan pemeliharaan di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.Dok. Hutama Karya PT Hutama Karya (Persero) sedang melaksanakan sejumlah pekerjaan pemeliharaan di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.
Sejumlah upaya dilakukan Hutama Karya untuk menarik minat masyarakat menggunakan JTTS. Di antaranya, konsisten menjaga kualitas jalan tol yang dikelola sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan melakukan pemeliharaan rutin dan menambahkan fasilitas serta berbagai teknologi baru dalam pengoperasian jalan tol.

Seperti penambahan alat Weight-in-Motion (WIM), Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), aplikasi khusus untuk berkendara di jalan tol kelolaan Hutama Karya (HK Toll Apps), melakukan berbagai penambahan fasilitas di rest area yang dikelola dan terus berupaya menyelesaikan ruas-ruas lainnya di JTTS agar dapat semakin meningkatkan konektivitas.

Baca juga: Apa Kabar Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I? Nih Progresnya

Selain itu, Hutama Karya juga melakukan pemantauan selama 24 jam oleh petugas siaga melalui command center di masing-masing ruas.

Kemudian menyediakan CCTV di sepanjang jalan tol dan rest area yang dikelola dengan dua mata kamera di setiap 1 kilometer dan menyediakan pos pantau pada saat mudik Lebaran atau Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Selain itu, juga bekerjasama dengan pihak kepolisian setempat dalam pengoperasian dan pemeliharaan di JTTS," imbuh Tjahjo.

Berikut daftar lengkap tol terpadat di JTTS periode Semester I-2023:

Ruas Permai dilintasi 98.000 kendaraanRuas Terpeka dilintasi 88.000 kendaraanRuas Binsa dilintasi 51.000 kendaraan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com