Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CCTV Tol Cipali Dituding Berkualitas Buruk, Ini Tanggapan Pengelola

Kompas.com - 25/05/2023, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Section Head Corporate Communication ASTRA Tol Cipali, Asri Fajarwati Ridwan memastikan CCTV yang berada di sepanjang Jalan Tol Cipali ada dalam kondisi baik.

Hal ini menyusul keluhan dari Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri, Aan Suhanan tentang rendahnya kualitas CCTV di jalan tol Cipali saat Mudik Lebaran 2023.

“CCTV kami tergolong baik kondisi dan kualitasnya. CCTV yang tidak bisa diakses saat arus Lebaran kemarin kemungkinan banyak yang mengakses CCTV Cipali sedikit delay,” ungkap Asri saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: 13 Ruas Tol Baru Akan Beroperasi hingga Akhir 2023, Ini Daftarnya

Ia menambahkan, saat ini terdapat 116 CCTV di sepanjang Jalan Tol Cipali, yang tersebar per kilometer mulai dari Km 72 sampai dengan Km 188.

Sebelumnya diberitakan, dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Mudik Lebaran 2023, Dirgakum Korlantas Polri Aan Suhanan mengatakan kualitas CCTV di Tol Cipali harus diperbaiki untuk pelaksanaan mudik yang lebih baik di tahun berikutnya.

“Kami di command center ini tidak bisa melihat situasi arus lalu lintas yang ada di Tol Cipali karena CCTV yang ada ini kualitasnya kurang bagus,” ungkap Aan saat rapat bersama dengan Komisi V DPR RI, Rabu (24/5/2023).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengatakan seharusnya pengelola Tol Cipali memperhatikan hal sekecil ini. Terlebih tol Cipali merupakan tol yang paling ramai dilintasi.

“Salah satu hal yang sangat simpel tadi soal CCTV. Tol Cipali ini tol tua. Untungnya banyak banget itu. Masa beli CCTV aja nggak kuat? Minta sama Komisi V nanti kita anggarkan disini,” papar Lasarus.

Menurut anggota Fraksi PDI-P tersebut Tol Cipali merupakan jalan tol yang sudah beroperasi lama sehingga pengelola pasti sudah mengeruk banyak keuntungan.

"Saya nggak marah kalau tolnya baru operasi, ini cipali tol tua tol lama, sudah kipas-kipas dia. Masa beli CCTV aja nggak kuat? (CCTV) yang bagus yang bisa dimonitor enak oleh Polri sampai mesti laporkan di rapat ini. Rapat ini dimonitor seluruh rakyat Indonesia. Betapa malunya," tukasnya.

Baca juga: Nih Penguasa Jalan Tol di Indonesia, Kuasai 50 Persen Pasar

Sebagai informasi, Tol Cipali telah diresmikan Presiden Joko Widodo sejak 13 Juni 2015. Jika dikalkulasi, maka saat ini usia Tol Cipali sudah hampir 8 tahun.

Jalan Tol Cipali sendiri dikelola oleh PT Lintas Marga Sedayu atau yang dikenal sebagai Astra Tol Cipali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com