Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga H-2 Lebaran, 2,5 Juta Kendaraan Lintasi Tol Tamer

Kompas.com - 10/04/2024, 11:11 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Infra mencatat sejak H-10 Lebaran atau Minggu (31/3/2024) hingga H-2 Lebaran atau Selasa (8/4/2024), terdapat 2,5 juta kendaraan yang telah melintasi ruas Tol Tangerang-Merak (Tamer).

Head of Corporate Communications Astra Infra, Deddy Pradityo Opficon mengatakan dari angka tersebut pihaknya sudah melakukan upaya intensif bersama Kepolisian guna mengurangi kemacetan yang terjadi di ruas tol tersebut.

Baca juga: Puncak Mudik 3 April, Tol Tamer Dipenuhi 179.000 Kendaraan

"Jalan tol sebagai salah satu prasarana transportasi, memiliki peran penting dalam mendukung hal ini dengan menyediakan akses yang lebih mudah terutama bagi masyarakat," katanya dalam rilis resmi.

Sementara itu, di ruas tol Cikopo–Palimanan (Cipali), pada periode yang sama, tercatat sebanyak 800.000 kendaraan yang melintas.

Dikatakan, rekayasa lalu lintas satu arah atau One Way dari KM 72 Tol Cikopo–Palimanan hingga KM 414 gerbang tol telah dihentikan pada 9 April 2024 pukul 12.00 WIB.

Namun pemberlakuan tersebut bersifat situasional karena mengikuti diskresi pihak kepolisian. Terpantau kondisi lalu lintas di seluruh ruas Tol Cipali sudah ramai dan lancar.

Sedangkan di ruas jalan tol Jombang–Mojokerto, tercatat sekitar 350 ribu kendaraan melintas mulai dari H-10 Lebaran hingga di puncak arus mudik H-2 Lebaran.

Baca juga: Meski Jadi Persinggahan Pemudik, Rest Area Km 62 Bersih dari Sampah

Deddy menambahkan, aspek keamanan dan kenyamanan merupakan hal terpenting bagi pengguna jalan tol.

Oleh karena itu dengan pemeliharaan dan pengaturan lalu lintas yang baik, ia berharap, jalan tol milik Astra Infra bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com