Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Lalin di Tol Luar Jawa Naik di Atas 10 Persen

Kompas.com - 10/04/2024, 04:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division atau JNT mencatat, terjadi peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas tol luar Pulau Jawa pada H-2 Lebaran 2024 atau 8 April 2024.

Untuk Sumatera Utara, tercatat 16.122 kendaraan melintasi di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT).

Jumlah ini naik 18,8 persen dibandingkan lalu lintas harian normal 2024 sejumlah 13.565 kendaraan.

Untuk di Tol Manado-Bitung, tercatat sebanyak 5.878 kendaraan melintas atau jumlahnya meningkat 10,9 persen dibandingkan lalu lintas harian normal 2024 yaitu sebanyak 5.300 kendaraan.

Baca juga: H-2 Lebaran, Begini Kondisi Arus Lalin Tol Jakarta-Cikampek

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Hari Raya Idulfitri 1445 H dengan baik," terang Senior General Manager JNT Regional Division Truly Nawangsasi dalam siaran persnya, Selasa (9/4/2024).

Untuk itu, sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan, memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

Jika lelah berkendara, segera beristirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) terdekat dan manfaatkan fasilitas yang tersedia seperti masjid, toilet, tenant makanan dan lain sebagainya.

Pengguna jalan tol di Ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, dapat beristirahat di TIP Km 65 di kedua arah.

"Pengguna jalan untuk Ruas Tol Balikpapan-Samarinda, dapat melepas lelah di TIP yang berada di Km 36 arah Samarinda dan Km 37 arah Balikpapan sedangkan pengguna jalan di Ruas Tol Manado-Bitung dapat memanfaatkan TIP yang berada di Km 17 arah Bitung dan Km 3 arah Manado," tuntas Truly.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com