Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih Penguasa Jalan Tol di Indonesia, Kuasai 50 Persen Pasar

Kompas.com - 06/05/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih memegang posisi market leader industri jalan tol di Indonesia hingga Kuartal I-2023.

Total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.260 km, merepresentasikan 50% jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia.

Sementara, total konsesi jalan tol yang dimiliki Perseroan pada periode yang sama adalah 1.736 km di seluruh Indonesia.

"Jumlah konsesi ini termasuk penambahan Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 KM yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Konsorsium BUMN-Swasta-BUMD," jelas Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Lisye Octaviana dalam keterangan resmi dikutip Sabtu (06/05/2023).

Baca juga: Kuartal I, Jasa Marga Raup Laba Bersih Hampir Rp 500 Miliar

Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban yang terdiri dari 5 seksi ini dibangun melalui skema Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dari kelima seksi tersebut, pembangunan Seksi 1 Junction Cipendeuy-Simpang Susun (SS) Cipendeuy dan Seksi 2 SS Cipendeuy-SS Pasir Bungur dengan total sepanjang 14,11 km dikerjakan oleh BUJT PT JAP.

Sedangkan untuk pembangunan Seksi 3 SS Pasir Bungur-SS Tambak Dahan, Seksi 4 SS Tambak Dahan-SS Pusakanegara dan Seksi 5 SS Pusakanegara-Patimban dengan total sepanjang 22,94 km dikerjakan oleh Pemerintah.

Dari sisi pengembangan jalan tol pada Kuartal I-2023, Jasa Marga juga telah menggelar groundbreaking Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang merupakan ruas pamungkas dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa, menghubungkan ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa.

Konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki telah dimulai pada tahap I yang terbagi tiga paket pekerjaan, yakni Paket 1 Gending-Kraksaan (12,88 km), Paket 2 Kraksaan-Paiton (11,20 km), dan Paket 3 Paiton-Besuki (25,60 km).

Baca juga: Jasa Marga-MRT Jakarta Sepakat Garap Pengembangan Jalur MRT dan TOD

Adapun Kuartal I-2023, Jasa Marga berhasil membukukan Laba Bersih sebesar Rp 497,6 miliar, naik 26,7% jika dibandingkan dengan Kuartal I-2022.

Peningkatan kinerja positif Perseroan juga tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp 3,4 triliun atau tumbuh 6,0%.

Kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp 3,0 triliun yang meningkat 2,7% dari Kuartal I Tahun 2022, serta kontribusi kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp 372,2 miliar atau naik 44,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Realisasi EBITDA Perseroan pun terjaga, yaitu mencapai Rp2,2 triliun. Dengan realisasi EBITDA Margin di atas 60%, yaitu mencapai level 64,3% di tengah pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif atas kenaikan volume lalu lintas Perseroan.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com