Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Masyarakat, Instansi Pemerintah Juga Ketularan "Demam Coldplay"

Kompas.com - 23/05/2023, 20:02 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konser Band Coldplay di Indonesia pada 15 November 2023 mendatang seakan menggemparkan sebagian besar masyarakat.

Buktinya, isu mengenai konser Coldplay di Indonesia beberapa kali menjadi trending topic di media sosial. Sebut saja Twitter, Instagram, hingga TikTok.

Kendati demikian, "demam Coldplay" tak hanya menimpa masyarakat, melainkan juga sejumlah instansi Pemerintah.

Hal ini bisa dilihat dari tampilan poster yang diunggah di media sosialnya yang mirip poster konser Coldplay. Selain itu, terdapat pula yang isi materi informasinya berhubungan dengan konser Coldplay.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh SAMESTA MAHATA MARGONDA (@samestamahata_margonda)

Seperti halnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang perumahan, yakni Perum Perumnas.

Baca juga: Kementerian PUPR Bakal Klarifikasi Anies soal Statistik Jalan Nasional Era SBY dan Jokowi

Mereka memanfaatkan antusiasme masyarakat tentang konser Coldplay ke dalam materi unggahan media sosialnya untuk memasarkan proyek hunian Samesta Mahata Margonda dan Samesta Mahata Tanjung Barat.

Kemiripan poster ataupun muatan informasi yang berhubungan dengan konser Coldplay terlihat di akun Instagram Samesta Mahata Margonda dan Samesta Mahata Tanjung Barat.

Menanggapi hal itu, SVP Corporate Secretary Perum Perumnas, Dian Rahmawati menyampaikan, hal tersebut dilakukan karena sesuai dengan promo-nya yakni hunian TOD bagi milenial.

"Karena segmen proyek TOD Perumnas mayoritas menyasar kaum milenial, kami blend dengan promo beli unit mendapatkan tiket konser Coldplay (syarat dan ketentuan berlaku)," jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (23/05/2023).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kementerian ATR/BPN (@kementerian.atrbpn)

Hal serupa juga dilakukan Kementerian ATR/BPN melalui akun Instagram resminya yang mengunggah poster mengenai jenis-jenis sertifikat tanah pada 20 Mei 2023.

Tampilannya mirip dengan poster konser Coldplay, mulai dari pemilihan warna hingga latar belakangnya. Sementara untuk informasinya tetap tentang sertifikat tanah.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kementerian ATR/BPN (@kementerian.atrbpn)

Pada tanggal yang sama, Kementerian ATR/BPN juga mengunggah poster mengenai Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Tampilannya juga tak kalah mirip dengan poster konser Coldplay, namun sentuhan perubahannya sedikit lebih banyak dibandingkan unggahan sebelumnya.

Baca juga: Konsumen Korban Pengembang Nakal di Batam Diusulkan Dapat Rusunawa

Selain itu, akun Instagram proyek perumahan yakni The Ambawani Residence juga ikut-ikutan menggunakan muatan informasi yang berhubungan dengan konser Coldplay.

Diketahui, proyek hunian itu dibesut oleh PT Jasa Marga Related Busines (JMRB) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

"Untuk kalian yang masih sedih karena ga bisa nyanyi FIX YOU bareng coldplay di concert coldplay Indonesia, mending FIX YUK uangnya dipakai untuk Booking Fee Rumah di The Ambawani Residence," tulis akun Instagram @theambawaniresidence pada Selasa (23/05/2023).

Tak hanya dari kalangan instansi/lembaga Pemerintah, pengelola properti swasta ketularan demam Coldplay untuk mengundang kedatangan masyarakat ke mal The Plaza Semanggi.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Plaza Semanggi (@plaza_semanggi)

Di dalam unggahan akun Instagram @plaza_semanggi, konsep posternya sedikit mirip dengan konser Coldplay. Caption-nya juga berhubungan dengan "war ticket" Coldplay.

"Kali ini gak perlu lagi takut nge-war! Ayo kapan lagi main ke Plangi Sky Dining, biar bisa makan malam sambil nikmatin skyscraper ibukota jakarta!," tulisnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com