Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pelaksanaan Ibadah Haji, Dirjen Imigrasi Cek TPI Batam

Kompas.com - 19/05/2023, 22:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim melakukan penguatan tugas dan fungsi Keimigrasian sekaligus monitoring sarana dan prasarana Unit Layanan Paspor (ULP) dan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Bandara Hang Nadim dan TPI Batam Center, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Kemudian dilanjutkan ke TPI Citra Tritunas, ULP Harbour Bay, serta mengelilingi Ruang Pelayanan Paspor, Ruang Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.

“Peninjauan TPI Hang Nadim untuk persiapan rombongan Haji 1444 Hijriah,” kata Silmy kepada Kompas.com melalui keterangaan tertulis, Jumat (19/5/2023).

Baca juga: Pengelola Bandara Hang Nadim Akan Luncurkan City Drop Baggage

Silmy mengatakan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) Imigrasi harus memiliki satu visi dan misi, sehingga memiliki satu tujuan yang dicapai.

“Rangkul seluruh rekan untuk membentuk citra imigrasi yang baik di mata masyarakat,” ungkap Silmy.

Terkait persepsi publik, Dirjen Imigrasi selalu berusaha mempertahankan citra baik yang sudah terbangun di masyarakat dengan melakukan inovasi seperti reaktivasi gerbang otomatis dalam digitalisasi pelayanan publik yang tentunya akan bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan.

“Fasilitas Autogate di TPI Harbourbay merupakan layanan luar biasa yang berfungsi dan memberikan kemudahan masyarakat saat hendak berpergian keluar negeri maupun masuk ke Indonesia,” terang Silmy.

Kedatangan Silmy ke Batam juga merupakan agenda rapat dengan Immigration & Checkpoint Authority (ICA) di Singapura.

Namun sebelum itu, Silmy dan rombongan menyempatkan diri memberikan pengarahan dan penguatan kepada seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham Kanwil se-Kepri beserta pegawai jajarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com