Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Bandara Hang Nadim Akan Luncurkan "City Drop Baggage"

Kompas.com - 05/05/2023, 14:30 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Direktur Utama Bandara Internasional Hang Nadim Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah mengungkapkan rencana peluncuran layanan city drop baggage

Menurut Pikri, rencana ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah penumpang keberangkatan dan kedatangan melalui BIB selama masa libur Lebaran 2023.

Dalam laporan harian Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023 dari tanggal 14 April-2 Mei 2023, tercatat jumlah penumpang datang dan berangkat yang melewati Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, mencapai 263.391 pax atau naik 10.2 persen.

“Bahkan, untuk jumlah penerbangan mencapai 1.753 atau naik 23.8 persen, termasuk Extra Flight (penambahan penerbangan) sebanyak 110 Flight atau naik 24.2 persen dari periode yang sama di tahun 2022,” kata dia ditemui di Hang Nadim, Jumat (5/5/2023).

Hang Nadim juga mencatat pergerakan arus mudik Lebaran tertinggi pada tanggal 19 April 2023 (H-3) Lebaran, yaitu mencapai 15.317 pax atau naik sebesar 18.2 persen dengan rincian penumpang berangkat (departure) sebanyak 8.286 pax atau naik 7.9 persen dan arrival sebanyak 7.031 pax atau naik 33.0 persen dari periode yang sama di tahun 2022.

Baca juga: Libur Lebaran, Bandara Hang Nadim Catat 246.008 Penumpang

Sedangkan pergerakan arus balik Lebaran tertinggi pada tanggal 29 April 2023 (H+7) Lebaran, yaitu mencapai 16.515 pax atau naik 5.6 persen dengan rincian penumpang berangkat (departure) sebanyak 8.326 pax atau naik 13.5 persen dan penumpang datang (arrival) sebanyak 8.189 pax atau naik 16.3 persen dari periode yang sama di tahun 2022.

Pikri menuturkan, layanan city drop baggage ini memungkinkan para penumpang pesawat untuk menitipkan bagasinya di pusat kota, enam jam sebelum penerbangan di bandara.

“Dengan sistem ini, penumpang yang memang berdomisili jauh dari bandara dapat menitipkan bagasinya, sehingga flow masuk ke bandara dapat lebih cepat jika dikombinasikan dengan check-in online dan langsung naik ke ruang tunggu keberangkatan,” ungkap Pikri, Jumat (5/5/2023).

Pikri mengaku saat ini layanan tersebut sedang disesuaikan, dan mencari lokasi yang pas untuk City Drop Baggage sehingga calon penumpang dengan mudah menitipkan bagasi tersebut.

“Setidaknya dengan layanan ini, kami optimistis ke depan tidak ada lagi ada lagi antrian penumpang di ruang check-in, yang pesawat siang tidak perlu lagi datang pagi untuk menghindari antrean,” jelas Pikri.

Sebagai komitmen pengembangan infranstruktur bandara dan pariwasata di Kepri, PT BIB juga menambah rute baru penerbangan Internasional, yakni Batam-Korea Selatan (PP).

“Saat ini untuk rute Internasional baru ada dua, yakni Batam-Malaysia (PP), dan Batam-Madinah (PP). Dan bertambah rute baru, Batam-Korea Selatan (PP),” papar Pikri.

Penambahan rute tersebut dalam proses pembahasan di Pemerintah Pusat karena terkait kedaulatan dan traffic right antarnegara.

Dengan tambahan rute baru ini, PT BIB optimistis para investor akan lebih tertarik mengembangkan investasinya di Batam sehingga pertumbuhan ekonomi di Kepri, khususnya Batam akan lebih meningkat.

“Selain itu juga, dapat meningkatkan pendapatan daerah serta mengeksplore wisata-wisata di Kepri ke luar negeri,” tambah Pikri mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com