Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Listrik Tanpa Awak Mulai Beroperasi di BSD City, Ini Rutenya

Kompas.com - 20/05/2022, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinarmas Land mengoperasikan autonomous electric vehicle atau kendaraan listrik tanpa awak di kawasan BSD City, Tangerang Selatan (Tangsel).

Kendaraan listrik otonom dengan merek dagang Navya varian Arma ini hanya melewati kawasan Qbig dan Green Office Park.

Namun, untuk saat ini, baru dioperasikan di sekitar kawasan Qbig. Sementara yang akan melewati Green Office Park bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Sehingga, nantinya akan ada dua kendaraan listrik tanpa awak akan beroperasi di kedua titik tersebut.

"Sementara cuma dua unit, rutenya di daerah Qbig dan luarnya," terang Group CEO Sinarmas Land Michael Widjaja usai peresmian uji coba kendaraan listrik otonom, Jumat (20/5/2022).

Tak sampai disini, kendaraan listrik tanpa awak ini akan terus dikembangkan untuk mendukung Transit Oriented Development (TOD) Cisauk yang setidaknya dilalui sekitar 11.000 orang per hari.

Baca juga: Budi Karya Resmikan Uji Coba Kendaraan Listrik Tanpa Awak Pertama di Indonesia

Cara kerjanya, jika Anda turun dari stasiun kereta api dan ingin ke beberapa lokasi di BSD City, maka Anda bisa pesan sesuai dengan permintaan (on-demand bus).

"Misalnya, 12 orang mau ke AEON (mal) ya udah kita ke AEON dulu, atau 50 orang mau ke Qbig. Jadi, dia bisa planning (rencanakan), ya jadi mobility solution (solusi mobilitas) lah ya," tambah Michael.

Kendaraan listrik tanpa awak bernama Navya varian Arma ini memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kilo Watt hour (kWH) yang dapat bertahan selama 9 jam.

Arma dirancang berdimensi 4,7 meter x 2,1 meter dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.

Selain itu, dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan Global Positioning System (GPS) sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk analisa big data.

Kemudian, akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com