Budi Karya Resmikan Uji Coba Kendaraan Listrik Tanpa Awak Pertama di Indonesia

Kompas.com - 20/05/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan uji coba autonomous electric vehicles atau kendaraan listrik tanpa awak pertama di Indonesia, Jumat (20/5/2022).

Berlokasi di BSD City, peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan oleh Budi dan didampingi beberapa pihak.

Mereka di antaranya Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara Bambang Susantono, Wakil Kepala IKN Nusantara Dhony Rahajoe, dan CEO Sinarmas Land Michael Widjaja.

Kemudian, Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah (Setda) Provinsi Banten Muhammad Yusuf, Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan lain-lain.

Budi mengatakan, dirinya merasa bangga karena pihak swasta ikut dalam satu proyek yang merupakan kebanggaan Indonesia itu.

"Satu keniscayaan yang harus kita perhatikan dan suatu waktu kita harus melakukan ini," ujar Budi dalam sambutannya pada acara tersebut.

Baca juga: Dukung Net-Zero Emisi di Indonesia, PT SMI Mulai Gunakan Mobil Listrik

Dunia otomotif dinilai sangat maju dan apabila semua pihak bisa memanfaatkan ekuitas juga raising fund (menggalang dana), khususnya swasta.

Sehingga, kata dia, Pemerintah dan Badan Otorita IKN Nusantara bisa ikut serta untuk terlibat dalam kegiatan ini.

"Inisiasi ini luar biasa bagus dan inilah mencerminkan bahwa intelligence transport system adalah suatu keniscayaan yang namanya autonomous vehicle," ujarnya.

Adapun kendaraan listrik tanpa awak tersebut bernama Navya Arma yang memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kilo Watt hour (kWH) yang dapat bertahan selama 9 jam.

Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 meter x 2,1 meter dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.

Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan Global Positioning System (GPS) sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk analisa big data.

Kemudian, akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.