Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2024, Stasiun Tanah Abang Punya Dua Jalur Baru

Kompas.com - 07/05/2024, 06:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek peningkatan dan pengembangan Stasiun Tanah Abang ditargetkan selesai pada akhir 2024.

Bentuknya berupa penambahan dua jalur baru. Dengan begitu, pergerakan pada waktu headway khususnya pada lintas Serpong dapat mencapai tiga menit dari sebelumnya 7 menit.

Selain itu, pengembangan Stasiun Tanah Abang ini bisa meningkatkan kapasitas tiga kali lipat, dari 100.000 penumpang menjadi 300.000 penumpang per hari.

Ini merupakan proyek Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Baca juga: MRT Jakarta Gaet SMI, Garap Proyek Mixed Use di Dekat Stasiun Blok M dan ASEAN

Tujuan dari pekerjaan ini adalah mengembangkan Stasiun Tanah Abang untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal memastikan hal ini sebagaimana dikutip dari laman Kemenhub, Senin (6/5/2024).

"Kami bersama Pemprov DKI Jakarta dan KAI berupaya untuk menaikkan tingkat pelayanan kepada penumpang di Stasiun Tanah Abang, baik dari sisi kemudahan, kenyamanan maupun aksesibilitas," jelasnya.

Adapun ruang lingkup pekerjaan dari masing-masing pihak yaitu Kemenhub membangun gedung stasiun baru dan jalan kereta api, fasilitas operasi KA (rel, persinyalan), serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di atas jalur KA.

Kemudian, Pemprov DKI membangun pelebaran jalan dan fasilitas integrasi antar moda.

Sedangkan KAI membangun area parkir dan penataan e-ticketing, pembangunan plaza dan halaman stasiun, serta fasilitas intermoda dan kanopi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com