Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Biar Tak Boros Listrik, Begini Cara Hitung Kebutuhan AC

Kompas.com - 18/05/2022, 09:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) adalah alat yang berguna untuk mengatur suhu ruangan dan membuatnya terasa lebih sejuk.

Namun, sebelum memasang AC di rumah, pastikan Anda memahami rumus perhitungan kebutuhan AC dalam ruangan agar tidak boros listrik.

Arsitek Ogie Hartantyo menjelaskan terkait paard kracht (PK) atau horsepower sebagai tenaga dari sebuah AC.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung luas bangunan rumah untuk mengetahui hasil British Thermal Unit (BTU) atau daya pendingin AC, daya listrik, dan PK kompresor AC yang dibutuhkan.

Misalnya, ruangan mezzanine dua lantai seluas 4x5 meter persegi. Dalam contoh ini, dibutuhkan 500 BTU per jam (BTU/h) untuk setiap satu meter persegi ruangan.

Rumus BTU-nya adalah 4x5x2x500, maka hasil yang didapat adalah 20.000 BTU. Sehingga, Anda bisa menggunakan AC dengan 2 hingga 2,5 PK.

Artikel ini menjadi terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Lantas, dengan PK tersebut berapa unit AC yang dibutuhkan? Selanjutnya baca di sini Sebelum Pasang AC, Simak Rumus Ini agar Tak Boros Listrik

Viral di media sosial Twitter mengenai biaya hidup di Yogyakarta yang disebut murah, padahal kenyataan di lapangan mengatakan sebaliknya.

Terkait hal ini, Survei Biaya Hidup (SBH) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 menunjukkan, kota yang memiliki rata-rata total pendapatan rumah tangga tertinggi selama sebulan adalah Jakarta sebesar Rp 21.433.656.

Sedangkan rata-rata total pendapatan rumah tangga selama sebulan di Yogyakarta adalah sebesar Rp 8.397.823.

Adapun pendapatan tersebut merupakan akumulasi dari gaji atau upah, hasil bersih usaha, kepemilikan atas aset dan pemberian, dan lainnya.

Bagaimana rinciannya?

Selengkapnya baca di sini Mengupas Biaya Hidup di Yogyakarta yang Diklaim Murah Meriah

Seperti yang telah disebutkan, AC berguna bagi Anda yang tinggal di perkotaan dan ingin merasakan kesejukkan.

Namun, AC tidak boleh dipasang di atas pintu karena akan membuat hawa dingin yang dihasilkan menjadi mudah keluar secara otomatis.

Lantas, dimana AC harus diletakkan?

Jawabannya di sini Kenapa AC Tidak Boleh Dipasang di Atas Pintu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com