Menilik Sederet Teknologi dalam Pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal

Kompas.com - 17/05/2022, 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak main-main, pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menerapkan sejumlah teknologi.

Pasalnya, jalan lingkar yang membentang sepanjang 17,4 kilometer ini berdiri di atas rawa. Artinya perlu teknologi untuk memperkuat struktur tanahnya.

Seperti dikutip dari unggahan Instagram Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, pembangunan beberapa teknologi diterapkan guna meningkatkan daya dukung tanah.

Misalnya pada tahap perencanaan, Jalan Lingkar Brebes-Tegal telah memanfaatkan Building Information Modelling (BIM).

Baca juga: Jalan Lingkar Brebes-Tegal Dilengkapi 8 Jembatan, Berikut Daftarnya

Fungsinya mengkolaborasikan desain 2 dimensi, 3 dimensi, dan jadwal untuk menghasilkan output berupa visualisasi 3D sebagai acuan pekerjaan lapangan.

Lalu, teknologi yang digunakan untuk konsolidasi tanah ialah Konstruksi Kaki Seribu atau Pile on Slab. Untuk mempercepat pekerjaan serta mengurangi efek penurunan pada timbunan di atas rawa.

Di samping itu, teknologi lain yang digunakan yakni Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Prevabricated Horisontal Drain (PHD) untuk konsolidasi tanah pada jalan lingkar ini.

PVD dan PHD digunakan untuk pekerjaan timbunan tanah di atas rawa, sehingga mempercepat konsolidasi tanah dan meningkatkan daya dukung tanah.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, secara teknis pihaknya menanam pita-pita sintetis secara vertical PVD ke dalam tanah untuk mengeluarkan air dan udara dalam tanah.

Baca juga: Kisah di Balik Penamaan Jalan Tol Layang MBZ

"Kemudian PHD menyerap dan mengalirkan air dan udara dari PVD menuju saluran air yang sudah dibuat," terangnya.

Pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal dimulai Desember 2019-April 2021 menggunakan APBN senilai Rp 223 miliar yang dilakukan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Untuk diketahui, Jalan Lingkar Brebes-Tegal membentang sepanjang 17,4 kilometer dengan lebar 7,5 meter untuk dua lajur.

Selain itu juga dilengkapi dengan delapan jembatan, masing-masing lima jembatan di Brebes dan tiga jembatan di Tegal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.