Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Lingkar Brebes-Tegal Dilengkapi 8 Jembatan, Berikut Daftarnya

Kompas.com - 14/04/2022, 18:23 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Lingkar Brebes-Tegal telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jembatan Kaligangsa, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Rabu (13/04/2022).

Hadirnya jalan lingkar ini akan melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantura dan komplementaritas dengan jaringan jalan tol di Trans Jawa.

Jokowi menyampaikan, kepadatan lalu lintas di Brebes-Tegal sangat tinggi. Terutama saat mudik Lebaran, Tahun Baru, dan hari-hari libur lainnya.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Jalan Lingkar Brebes-Tegal Jadi Alternatif Mudik Lebaran

"Dengan beroperasinya Jalan Lingkar Brebes-Tegal, diperkirakan akan mengurangi beban lalu lintas hingga 48 persen, sehingga jalur Brebes dan Tegal lebih lancar," ujarnya dalam keterangan pers.

Pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal dilakukan BBPJN Jawa Tengah-DIY dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada Desember 2019-April 2021. Menelan biaya APBN sebesar Rp 224 miliar.

Sebelumnya, pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal sudah dimulai 4 kilometer pada 2010, lalu 2,5 kilometer tahun 2017 dengan menelan biaya sekitar Rp 115 miliar.

Untuk diketahui, Jalan Lingkar Brebes-Tegal membentang sepanjang 17,4 kilometer dengan lebar 7,5 meter untuk dua lajur.

Selain itu, jalan ini juga dilengkapi dengan delapan jembatan, berikut daftarnya sebagaiamana dikutip dari unggahan Instagram akun Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR pada Kamis (14/04/2022) 

Baca juga: Inilah Jalan Raya Terpanjang di Dunia, Hubungkan 15 Negara

1. Jembatan Sidrepa

Berada di Desa Keboledan Kec. Wanasari, Kab Brebes. Jembatan ini terdiri dari dua bentang dengan total panjang 47 meter.

2. Jembatan Pemali

Menghubungkan Desa Kertabasuki dan Desa Tengki Kec. Wanasari, Kab Brebes. Jembatan ini terdiri dari tiga bentang dengan total panjang 127 meter.

3. Jembatan Pancurawis

Berada di Desa Kedunguter Kec. Brebes, Kab. Brebes. Jembatan ini terdiri dari satu bentang dengan total panjang 21 meter.

4. Jembatan Sigeleng

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com