Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Titik-titik Rawan Macet di Tol Trans-Jawa Saat Mudik 2022

Kompas.com - 11/04/2022, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memproyeksikan beberapa titik rawan kemacetan di Jalan Tol Trans-Jawa pada saat mudik Lebaran 2022.

Direktur Operasi Jasa Marga Tollroad Operator Yoga Trianggoro memberikan beberapa contoh tiitk kemacetan seperti di Tol Jakarta-Cikampek (Japek), tepatnya di KM 66 arah ke Tol Purbaleunyi.

"Titik-titik rawan kemacetan ada di beberapa lokasi ya, tentu saja di sepanjang ruas kita ada beberapa lokasi," terang Yoga usai konferensi pers di Bekasi, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 29 April 2022

Yoga menyebutkan sejumlah lokasi yang diprediksi rawan kemacetan, sebagai berikut:

  1. KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah ke Purbaleunyi
  2. GT Cikampek Utama Tol Japek
  3. GT Kalikangkung Tol Semarang-Solo
  4. GT Banyumanik Tol Semarang-Solo
  5. Beberapa rest area yang berpotensi terjadi kepadatan

Namun demikian, Jasa Marga telah mengantisipasi hal tersebut dengan menambah fasilitas transaksi berupa gardu maupun mobile reader.

"Itu sudah kita inventarisasi, sudah buat juga alternatif atau skema-skema untuk mengatasi kepadatan di lokasi-lokasi tersebut," tambah Yoga.

Baca juga: Tol Japek II Selatan Akan Dibuka Situasional Saat Mudik Lebaran 2022

Skema maupun alternatif yang dilakukan berupa menempatan para personel Jasa Marga apabila ada gangguan perjalanan agar cepat dievakuasi.

Kemudian, penambahan kapasitas lajur dan rekayasa lalu lintas (lalin) seperti contraflow (lawan arah) maupun one way (satu jalur).

"Dan ini juga salah satunya kita mengimbau, kita tidak bisa kerja sendiri, kita butuh kerja sama nih untuk memecah arus lalin," ungkapnya.

Salah satu cara yang dilakukan adalah agar masyarakat mengatur pola rute perjalanan mereka. Sehingga, pada saatnya arus mudik balik Lebaran 2022, diminta agar mengikuti arahan petugas di lapangan.

Selain rekayasa lalin, perseroan juga berencana memfungsikan jalur alternatif Sadang sampai dengan Kutanegara di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com