Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Mudik Lebaran, KAI Purwokerto Siapkan Kereta Api Tambahan

Kompas.com - 11/04/2022, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daop 5 Purwokerto tengah menyiapkan rangkaian kereta api tambahan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022.

Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi menjelaskan, salah satu rangkaian yang akan ditambahkan adalah KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Kutoarjo-Jakarta Kota pergi pulang (PP).

“Pada masa arus mudik, kami akan jalankan KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Kutoarjo-Jakarta Kota pergi pulang (PP) pada tanggal 22-30 April 2022,” jelas Ayep, dikutip dari Antara, Senin (11/4/2022).

Selain itu, KAI Purwokerto juga akan melayani rangkaian tambahan KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng PP yang akan dijalankan oleh PT KAI Daop 2 Bandung.

“Kalau dari Daop lainnya, sampai saat ini belum ada informasi,” tambah Ayep.

Baca juga: Demo 11 April, Keberangkatan 7 Kereta Jarak Jauh Dialihkan ke Jatinegara

Selama ini, KAI Daop 5 Purwokerto melayani sejumlah 74 perjalanan KA penumpang regular jarak jauh yang terbagi menjagi 50 KA di lintas Prupuk-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo dan 24 KA di lintas Kroya-Banjar.

Ayep kembali menjelaskan, sebagian di antaranya merupakan keberangkatan dari Daop 5, seperti KA Sawunggalih Pagi dan KA Sawunggalih Malam, KA Kutojaya Utara, KA Kutojaya Selatan, KA Serayu Pagi dan KA Serayu Malam, KA Logawa, KA Wijayakusuma dan KA Purwojaya.

Sementara itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan memprediksi volume penumpang moda kereta api akan mencapai 7,6 juta orang selama mudik Lebaran 2022.

Dirjen Perkeretapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, PT KAI telah menetapkan masa angkutan Lebaran mulai H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April sampai dengan 13 mei 2022.

“Kita sudah berkoordinasi dengan teman-teman PT KAI untuk menyiapkan armadanya dan sudah hampir 8 juta kira-kira kita siapkan untuk ini,” ungkap Zulkifri.

Baca juga: Gratis, Motor Naik Kereta Api Saat Mudik Lebaran 2022

Zulkifri turut menghimbau agar masyarakat bisa merencanakan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api dengan baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com