Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Japek II Selatan Akan Dibuka Situasional Saat Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 11/04/2022, 15:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara situasional.

Direktur Operasi Jasa Marga Tollroad Operator Yoga Trianggoro mengatakan, hal ini merupakan salah satu alternatif rekayasa lalu lintas (lalin) yang akan dilakukan oleh perseroan.

"Jadi, itu tidak terjadwal, namun tergantung pada situasional. Ini salah satu alternatif rekayasa lalin yang akan kita lakukan," jelas Yoga usai konferensi pers di Bekasi, Senin (11/4/2022).

Jika kondisinya sangat dibutuhkan untuk pemecahan lalin terutama di KM 66 yang menjadi pertemuan timur dan selatan, maka jalur tersebut akan dibuka atas diskresi pihak kepolisian.

Namun demikian, kata Yoga, saat ini pihaknya telah menyiapkan persiapan pembukaan Tol Japek II Selatan.

"Sehingga, kapan pun dibutuhkan untuk memecah tadi kepadatan, khususnya di KM 66 itu bisa kita gunakan," katanya.

Baca juga: Begini Progres Pembebasan Lahan di Seksi 3 Tol Japek II Selatan

Adapun Jasa Marga berencana memfungsikan jalur alternatif Sadang hingga Kutanegara untuk arus balik mudik Lebaran 2022.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah menyiapkan Tol Japek II Selatan untuk mengantisipasi kemacetan saat mudik Lebaran.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas tol ini akan digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran.

"Jadi Jakarta-Cikampek Selatan ini akan kita siapkan untuk fungsional apabila terjadi kemacetan parah," ujarnya saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Saat ini ruas jalan tol tersebut sedang dilakukan pembangunan antara Sadang KM 62 dan Kutanegara KM 53 sepanjang 8,6 kilometer.

Kemudian, pemudik yang menggunakan jalan tol ini akan disambungkan ke Jalan Industri sepanjang 15 kilometer dan masuk kembali Tol Japek melalui gate Karawang Timur KM 54.

Saat ini, diketahui, progres konstruksi mencapai 62,17 persen. Dengan demikian, diharapkan proses konstruksinya akan rampung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com