Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bangunan yang Dilewati Jalan Tol di Jepang, Intip Keunikannya

Kompas.com - 11/04/2022, 11:07 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah sejak lama Jepang terkenal dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki.

Salah satunya diterapkan pada arsitektur Gate Tower Building, gedung yang menyatu dan dilewati oleh Hanshin Expressway, jalan tol sepanjang 239,7 kilometer di Kota Osaka.

Jika dilihat dari kejauhan, gedung ini seperti memiliki mulut yang terbuka dan menelan ribuan mobil yang masuk ke dalamnya.

Lantas, bagaimana fitur unik tersebut bisa dibangun?

Fitur unik Gate Tower Building

Melansir Atlasobscura, Senin (11/4/2022), kembali ke tahun 1980-an, terdapat rencana untuk membangun serangkaian infrastruktur dan fasilitas di Osaka, termasuk Gate Tower Building.

Baca juga: Urusan Toilet Publik, Jepang Ahlinya

Bersamaan dengan proyek tersebut, rencana perpanjangan Jalan Tol Hanshin juga telah disetujui dengan rute yang harus melewati area pembangunan fasilitas-fasilitas kota tadi.

Akan tetapi, pemilik properti menolak untuk memberikan aset mereka hingga melangsungkan negosiasi selama lima tahun.

Perubahan besar terjadi pada undang-undang dan perencanaan kota serta jalan raya agar bisa mengakomodasi pengembangan terpadu jalan sekaligus bangunan di ruang yang sama.

Mulai dari sana, pemikiran inovatif muncul dengan meneruskan pembangunan jalan tol yang menembus lantai lima, enam dan tujuh Gate Tower Building.

Gate Tower BuildingTerri Meyer Boake Gate Tower Building
Kenyamanan penghuni gedung

Untungnya, kompromi antara Pemerintah Jepang dan pemilik tanah untuk membangun infrastruktur berpenampilan futuristik ini diiringi dengan solusi nyata.

Baca juga: Digunakan di Rumah ala Jepang, Inilah Alasan Anda Perlu Pakai Pintu Geser

Alih-alih penghuni gedung merasa bising dengan suara lalu lintas Jalan Tol Hanshin, bangunan dirancang agar kedap suara lewat dinding dan lantainya.

Pengunjung yang memasuki lantai dasar gedung akan melihat elevator yang ditandai dengan lantai bernomor satu sampai empat dan kemudian delapan hingga enam belas.

Adapun lantai lima, enam tujuh yang tidak dapat diakses tadi hanya bertuliskan “Jalan Tol Hanshin”.

Sedangkan elevator terletak di luar gedung sehingga pengunjung bisa dengan mudah melewati halan yang tertutup, kedap suara dan tidak menyentuh gedung sama sekali ketika sedang melewatinya.

Sementara itu, jalan tol ditopang dengan pilar yang dirancang untuk melengkapi fasad bangunan. Ini membantu pengguna gedung untuk tidak terganggu getaran yang ditimbulkan oleh arus jalan tol.

Lebih lanjut, melansir Forbes, meskipun gedung tersebut dikenal dengan Gate Tower Building, tetapi nama sebenarnya adalah TKP Garden City Umeda Osaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com