Kompas.com - 30/11/2021, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma arsitek milik Kengo Kuma menghadirkan kembali karya uniknya di prefektur Shizuoka, Jepang. Lokasi ini merupakan tempat gunung tertinggi di Negeri Sakura, Gunung Fuji.

Bangunan yang dirancang oleh Kengo Kuma Associate ini berada tepat di Taman Tenbou, yang berada di tengah Jalur Pendakian Kintaro Fujimi yang terkenal.

Di dalam taman Tenbou, Anda dapat menemukan sebuah paviliun dan kamar kecil, dengan latar belakang pemandangan Gunung Fuji yang indah menjulang tinggi.

Baca juga: Canggih, Toilet Umum di Jepang Ini Dioperasikan dengan Suara

Karya ini diberi julukan "Oat Hill Park” atau yang bila diterjemahkan secara harafiah berarti “Sumpah Bukit Taman".

Sebagai salah satu tujuan pendakian utama, fasilitas di Shizuoka dilengkapi dengan sumber air panas, air terjun, dan hutan di kaki bukit yang mengelilingi gunung.

Didukung oleh keindahan alam di sekitarnya, tim desain Kengo Kuma menghadirkan toilet umum dan rest area bagi para pendaki dan orang-orang yang ingin berkemah di sekitarnya.

Kedua banguanan ini memiliki atap yang unik, dengan bentuk menyerupai pegunungan kecil dan diselimuti membran putih tembus pandang, mengingatkan orang pada puncak Gunung Fuji yang tertutup salju.

Pada bangunan rest area, sang arsitek juga memanfaatkan kumpulan balok kayu yang disusun melingkar, sehingga bila dilihat dari kejauhan struktur bangunanya mirip dengan payung raksasa.

Sementara itu, area toilet dibangun menggunakan material kayu dan baja sehingga bangunan tampak kokoh.

Bagian atap masih menggunakan lapisan membran di mana bisa menyerap cahaya dari luar dan memberikan kesan hangat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.