Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Pimpinan Otorita IKN Diminta Bergerak Cepat, Apa Saja Tugasnya?

Kompas.com - 11/03/2022, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe agar mulai gerak cepat soal pembangunan IKN.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Terbatas (Ratas) Pembahasan IKN bersama Pimpinan Otorita IKN beserta jajaran kementerian terkait pada Kamis (10/03/2022).

Jokowi meyakini kedua sosok tersebut memiliki pengalaman dan merupakan kombinasi yang tepat. Sehingga akan mudah untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan para menteri terkait.

Baca juga: Jokowi Minta Isu Pertanahan hingga Regulasi Turunan UU IKN Harus Klir

Misalnya, dalam hal perencanaan dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, lalu pelaksanaan pembangunan di lapangan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga soal investasi bersama Menko Marves Luhut B Pandjaitan.

"Nanti akan gampang sekali beliau berdua ini berbicara dengan Pak Harso untuk sisi perencanaannya, kemudian nanti Pak Menteri PU di dalam pelaksanaan lapangan terutama untuk yang kawasan inti pemerintahan, dan juga di bidang investasi nanti dengan Pak Menko Luhut," jelas Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI.

Presiden juga meyakini pembangunan IKN akan menarik minat berbagai pihak untuk berinvestasi, baik dari dalam maupun luar negeri.

Untuk itu, dia mengharapkan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN yang baru dilantik tersebut gerak cepat.

Baca juga: Catatan untuk Duet Bambang dan Dhony Pimpin IKN Nusantara

"Saya harapkan karena ini yang berminat terhadap Ibu Kota Nusantara ini sangat banyak, baik domestik maupun dari luar," terangnya.

"Saya ingin beliau berdua bekerja dengan cepat terutama yang berkaitan dengan kelembagaan segera diselesaikan," lanjut Jokowi.

Sebab, percepatan pembentukan sekretariat sebagai mesin birokrasi di IKN Nusantara untuk membantu pelaksanaan tugas-tugas Otorita IKN. Termasuk melibatkan masyarakat setempat dalam struktur Otorita IKN.

“Ini juga akan segera diselesaikan baik kantor di sini maupun di Balikpapan. Saya harapkan nanti otorita juga bisa untuk deputinya merekrut orang daerah sehingga keterlibatan masyarakat di daerah betul-betul kita libatkan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com