Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Jadi Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe Akan Mundur dari Sinarmas Land

Kompas.com - 10/03/2022, 16:16 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Dhony Rahajoe mengaku akan mengundurkan diri dari Sinarmas Land.

Hal ini disampaikannya usai proses pelantikan Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita IKN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (10/03/2022).

Menurut Dhony, awal mula penunjukannya terjadi saat dihubungi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno seminggu setelah kunjungan Presiden Jokowi ke BSD City pada akhir Desember 2021 lalu.

Setelah itu berjalan diskusi dan berbagi pendapat yang cukup panjang. Kemudian baru pada Rabu (09/03/2022), ia mendapat perintah untuk membantu menyukseskan pembangunan IKN.

Baca juga: Mengenal Dhony Rahajoe, Sosok Calon Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara

"Saya pribadi sejak dilantik ini sudah menyiapkan pengunduran diri dari Sinarmas, Sinarmas Land, dan perusahaan-perusahaan yang terkait. Jadi akan fokus mengerjakan tugas yang akbar atau sangat berat ini," pungkas Dhony, usai pelantikan yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden.

Untuk diketahui, Dhony Rahajoe merupakan sosok yang lama berkarir di Sinarmas Land, pengembang properti ternama di Indonesia yang juga membangun proyek kota mandiri BSD City.

Dia menduduki posisi sebagai Managing Director President Office Sinarmas Land.

Mengutip situs blog pribadinya, Dhony merupakan lulusan Teknik Arsitekur Institut Teknologi Bandung (ITB) 1984.

Dia juga tergabung dalam ikatan alumni bernama AR84. Ayah tiga orang anak ini sejak lulus hingga sekarang, telah berkarir di PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang merupakan bagian dari Sinarmas Land.

Sebelumnya pemerintah beberapa kali telah mengunjungi BSD City dan menjadikannya sebagai salah satu kawasan rujukan dalam pembangunan IKN.

Karena dinilai telah memenuhi konsep pembangunan yang akan diterapkan di IKN Nusantara seperti smart city, green city, sustainabality, hingga sistem keamanan kawasan.

Bahkan Presiden Jokowi juga turut serta langsung dalam kunjungan kerja tersebut. Tepatnya pada 24 Desember 2021 lalu.

Kala itu, salah satu perwakilan dari Sinarmas Land yang mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerja di BSD City ialah Dhony Rahajoe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com